PEMBAHASAN KALIMAT " BISMILLAHIRROHMAANIRROCHIIM "
Dinukil dari kitab I'anatut Tolibin Sayyid Bakri.
عن علي رضي الله عنه، مرفوعا: ما من كتاب يلقى في الأرض وفيه بسم الله الرحمن الرحيم إلا بعث الله ملائكة يحفون عليها بأجنحتهم، حتى يبعث الله وليا من أوليائه يرفعه.
فمن رفع كتابا من الأرض فيه البسملة رفع الله اسمه في أعلى عليين، وغفر له ولوالديه ببركتها.
dari 'Ali rodhiyallohu 'anhu secara marfu' :
" tiadalah dari suatu kitab yg di lemparkan ke tanah dan dalam kitab tersebut terdapat tulisan 'Bismillaahir rochmaanir rochiim' kecuali Allah akan mengutus malaikat agar mengepungnya dengan sayap2 mereka hingga Allah mengutus salah seorang wali dari para wali2Nya utk mengangkat kitab tsb.
maka barang siapa yg mengangkat kitab dari tanah yg dlm kitab tsb terdapat tulisan 'Bismillaahir rochmaanir rochiim' maka Allah akan mengangkat nama orang tsb di a'lal 'illiyyin /alam tertinggi dan Allah juga mengampuninya serta mengampuni kedua ortunya dengan sebab berkahnya 'Bismillaahir rochmaanir rochiim'
وروي عنه - صلى الله عليه وسلم - أنه قال: من قرأ بسم الله الرحمن الرحيم، وكان مؤمنا، سبحت معه الجبال، إلا أنه لا يسمع تسبيحها.
وروي عنه - صلى الله عليه وسلم - أنه قال: إذا قال العبد بسم الله الرحمن الرحيم، قالت الجنة: لبيك اللهم وسعديك، إلهي، إن عبدك فلانا قال بسم الله الرحمن الرحيم، اللهم زحزحه عن النار وأدخله الجنة.
dan diriwayatkan dari Nabi shollallohu alaihi wasallam , sesungguhnya beliau bersabda :
" barang siapa membaca 'Bismillaahir rochmaanir rochiim' dan orang tsb adalah seorang yg beriman maka gunung2 membaca tasbih bersamanya hanya saja dia tdk mendengar bacaan tasbihnya gunung."
dan diriwayatkan dari Nabi shollallohu alaihi wasallam, sesungguhnya beliau bersabda :
" ketika seorang hamba mengucapkan 'Bismillaahir rochmaanir rochiim' maka syurga berkata : 'telah aku penuhi panggilan dan keinginan-Mu , wahai Tuhanku, sesungguhnya hambaMu si fulan mengucapkan 'Bismillaahir rochmaanir rochiim' wahai Tuhanku semoga Engkau jauhkan dia dari neraka dan semoga Engkau masukkan dia kedalam syurga."
ومما يتعلق بالبسملة من المعاني الدقيقة ما قيل: إن الباء بهاء الله، والسين سناء الله، والميم مجد الله.
وقيل: الباء بكاء التائبين، والسين سهو الغافلين، والميم مغفرته للمذنبين.
وقال بعض الصوفية: الله لأهل الصفاء، الرحمن لأهل الوفاء، الرحيم لأهل الجفاء.
sebagian dari yang berhubungan dengan basmalah dari makna2 yg lembaut adalah apa yg di katakan bahwa sesunguhnya ba' adalah baha'ulloh (keindahan Alah),
sin adalah sana'ulloh ( keluhuran Allah ),
dan mim adalah majdulloh ( kemuliaan Allah )
dan dikatakan :
" ba' adalah buka'ut taa'ibiin ( tangisan para pendosa ),
sin adalah sahwul ghofilin ( lalainya para pelupa )
dan mim adalah magfirotuhu lil mudznibiin ( ampunanNya kpd para pendosa ) "
sebagian ulama' sufi berkata : " Allahu bagi orang yg suci, ar rochmanu bagi orang yg sempurna, ar rochiimu bagi orang yg bertabi'at kasar."
والحكمة في أن الله سبحانه وتعالى جعل افتتاح البسملة بالباء دون غيرها من الحروف، وأسقط الألف من اسم، وجعل الباء في مكانها، أن الباء حرف شفوي تنفتح به الشفة ما لا تنفتح بغيره، ولذلك كان أول انفتاح فم الذرة الإنسانية في عهد ألست بربكم بالباء في جواب بلى، وأنها مكسورة أبدا.
فلما كانت فيها الكسرة، والانكسار في الصورة والمعنى، وجدت شرف العندية من الله تعالى، كما قال: أنا
عند المنكسرة قلوبهم بخلاف الألف، فإن فيها ترفعا وتكبرا وتطاولا، فلذلك أسقطت.
Hikmah bahwa sesungguhnya Allah subchanahu wata'ala menjadikan permulaan basamalah dengan huruf ba' bukan huruf selainnya dan menggugurkan huruf alif dari kalimat ismum serta menempatkan huruf ba' pada tempatnya huruf alif adalah bahwa sesungguhnya huruf ba' adalah huruf safawy / huruf bibir, yg dengan huruf ba' ini bibir menjadi terbuka sepertimana yg tdk terbuka oleh huruf selainnya, oleh karena itulah saat
terbukanya bibir embrio janin manusia kala kala dalam rahim ibunya saat mengikat janji dengan Allah
أَلَسْتُ بِرَبِّكُمْ ۖ قَالُوا بَلَىٰ
"Bukankah aku Tuhanmu ? janin tersebut menjawab dengan kalimat yang di awali dengan ba' juga yaitu BALAA yang artinya, Benar Engkaulah Tuhanku
(sebelum kita terlahir sudah berjanji ketika Allah bertanya : " bukankah Aku ini Tuhan kalian ?" kita menjawab : " benar " lihat surat al a'rof ayat 172 )
وَإِذْ أَخَذَ رَبُّكَ مِنْ بَنِي آدَمَ مِنْ ظُهُورِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَأَشْهَدَهُمْ عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ أَلَسْتُ بِرَبِّكُمْ ۖ قَالُوا بَلَىٰ ۛ شَهِدْنَا ۛ أَنْ تَقُولُوا يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّا كُنَّا عَنْ هَٰذَا غَافِلِينَ
Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)",
Huruf ba' adalah huruf jar yang senantiasa dibaca kasroh (sedih/pecah), yaitu sedih/pecah dalam bentuk dan mknanya, maka dgn inilah ditemukan kemuliaan 'indiyah/kebersamaan dari Allah ta'ala, sebagaimana Allah berfirman dalam hadis qudsi : " Aku menyertai orang-orang yang sedih hatinya "
berbeda dengan alif yang menunjukkan arti tinggi, sombong dan panjang, karenanya alif digugurkan dalam lafadz BASMALAH
والكلام على البسملة من الأسرار والعجائب واللطائف، لا يدخل تحت حصر.
وفي هذا القدر كفاية، وبالله التوفيق.
pembahasan rahasia rahasia ,keajaiban keajaiban dan kelembutan kelembutan basmalah sangatlah banyak dan tidak terhitung,
yang ini saja sudah cukup. wabillahit taufiq.
wallohu a'lam.
إعانة الطالبين
سيد البكري الدمياطي
Dinukil dari kitab I'anatut Tolibin Sayyid Bakri.
عن علي رضي الله عنه، مرفوعا: ما من كتاب يلقى في الأرض وفيه بسم الله الرحمن الرحيم إلا بعث الله ملائكة يحفون عليها بأجنحتهم، حتى يبعث الله وليا من أوليائه يرفعه.
فمن رفع كتابا من الأرض فيه البسملة رفع الله اسمه في أعلى عليين، وغفر له ولوالديه ببركتها.
dari 'Ali rodhiyallohu 'anhu secara marfu' :
" tiadalah dari suatu kitab yg di lemparkan ke tanah dan dalam kitab tersebut terdapat tulisan 'Bismillaahir rochmaanir rochiim' kecuali Allah akan mengutus malaikat agar mengepungnya dengan sayap2 mereka hingga Allah mengutus salah seorang wali dari para wali2Nya utk mengangkat kitab tsb.
maka barang siapa yg mengangkat kitab dari tanah yg dlm kitab tsb terdapat tulisan 'Bismillaahir rochmaanir rochiim' maka Allah akan mengangkat nama orang tsb di a'lal 'illiyyin /alam tertinggi dan Allah juga mengampuninya serta mengampuni kedua ortunya dengan sebab berkahnya 'Bismillaahir rochmaanir rochiim'
وروي عنه - صلى الله عليه وسلم - أنه قال: من قرأ بسم الله الرحمن الرحيم، وكان مؤمنا، سبحت معه الجبال، إلا أنه لا يسمع تسبيحها.
وروي عنه - صلى الله عليه وسلم - أنه قال: إذا قال العبد بسم الله الرحمن الرحيم، قالت الجنة: لبيك اللهم وسعديك، إلهي، إن عبدك فلانا قال بسم الله الرحمن الرحيم، اللهم زحزحه عن النار وأدخله الجنة.
dan diriwayatkan dari Nabi shollallohu alaihi wasallam , sesungguhnya beliau bersabda :
" barang siapa membaca 'Bismillaahir rochmaanir rochiim' dan orang tsb adalah seorang yg beriman maka gunung2 membaca tasbih bersamanya hanya saja dia tdk mendengar bacaan tasbihnya gunung."
dan diriwayatkan dari Nabi shollallohu alaihi wasallam, sesungguhnya beliau bersabda :
" ketika seorang hamba mengucapkan 'Bismillaahir rochmaanir rochiim' maka syurga berkata : 'telah aku penuhi panggilan dan keinginan-Mu , wahai Tuhanku, sesungguhnya hambaMu si fulan mengucapkan 'Bismillaahir rochmaanir rochiim' wahai Tuhanku semoga Engkau jauhkan dia dari neraka dan semoga Engkau masukkan dia kedalam syurga."
ومما يتعلق بالبسملة من المعاني الدقيقة ما قيل: إن الباء بهاء الله، والسين سناء الله، والميم مجد الله.
وقيل: الباء بكاء التائبين، والسين سهو الغافلين، والميم مغفرته للمذنبين.
وقال بعض الصوفية: الله لأهل الصفاء، الرحمن لأهل الوفاء، الرحيم لأهل الجفاء.
sebagian dari yang berhubungan dengan basmalah dari makna2 yg lembaut adalah apa yg di katakan bahwa sesunguhnya ba' adalah baha'ulloh (keindahan Alah),
sin adalah sana'ulloh ( keluhuran Allah ),
dan mim adalah majdulloh ( kemuliaan Allah )
dan dikatakan :
" ba' adalah buka'ut taa'ibiin ( tangisan para pendosa ),
sin adalah sahwul ghofilin ( lalainya para pelupa )
dan mim adalah magfirotuhu lil mudznibiin ( ampunanNya kpd para pendosa ) "
sebagian ulama' sufi berkata : " Allahu bagi orang yg suci, ar rochmanu bagi orang yg sempurna, ar rochiimu bagi orang yg bertabi'at kasar."
والحكمة في أن الله سبحانه وتعالى جعل افتتاح البسملة بالباء دون غيرها من الحروف، وأسقط الألف من اسم، وجعل الباء في مكانها، أن الباء حرف شفوي تنفتح به الشفة ما لا تنفتح بغيره، ولذلك كان أول انفتاح فم الذرة الإنسانية في عهد ألست بربكم بالباء في جواب بلى، وأنها مكسورة أبدا.
فلما كانت فيها الكسرة، والانكسار في الصورة والمعنى، وجدت شرف العندية من الله تعالى، كما قال: أنا
عند المنكسرة قلوبهم بخلاف الألف، فإن فيها ترفعا وتكبرا وتطاولا، فلذلك أسقطت.
Hikmah bahwa sesungguhnya Allah subchanahu wata'ala menjadikan permulaan basamalah dengan huruf ba' bukan huruf selainnya dan menggugurkan huruf alif dari kalimat ismum serta menempatkan huruf ba' pada tempatnya huruf alif adalah bahwa sesungguhnya huruf ba' adalah huruf safawy / huruf bibir, yg dengan huruf ba' ini bibir menjadi terbuka sepertimana yg tdk terbuka oleh huruf selainnya, oleh karena itulah saat
terbukanya bibir embrio janin manusia kala kala dalam rahim ibunya saat mengikat janji dengan Allah
أَلَسْتُ بِرَبِّكُمْ ۖ قَالُوا بَلَىٰ
"Bukankah aku Tuhanmu ? janin tersebut menjawab dengan kalimat yang di awali dengan ba' juga yaitu BALAA yang artinya, Benar Engkaulah Tuhanku
(sebelum kita terlahir sudah berjanji ketika Allah bertanya : " bukankah Aku ini Tuhan kalian ?" kita menjawab : " benar " lihat surat al a'rof ayat 172 )
وَإِذْ أَخَذَ رَبُّكَ مِنْ بَنِي آدَمَ مِنْ ظُهُورِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَأَشْهَدَهُمْ عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ أَلَسْتُ بِرَبِّكُمْ ۖ قَالُوا بَلَىٰ ۛ شَهِدْنَا ۛ أَنْ تَقُولُوا يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّا كُنَّا عَنْ هَٰذَا غَافِلِينَ
Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)",
Huruf ba' adalah huruf jar yang senantiasa dibaca kasroh (sedih/pecah), yaitu sedih/pecah dalam bentuk dan mknanya, maka dgn inilah ditemukan kemuliaan 'indiyah/kebersamaan dari Allah ta'ala, sebagaimana Allah berfirman dalam hadis qudsi : " Aku menyertai orang-orang yang sedih hatinya "
berbeda dengan alif yang menunjukkan arti tinggi, sombong dan panjang, karenanya alif digugurkan dalam lafadz BASMALAH
والكلام على البسملة من الأسرار والعجائب واللطائف، لا يدخل تحت حصر.
وفي هذا القدر كفاية، وبالله التوفيق.
pembahasan rahasia rahasia ,keajaiban keajaiban dan kelembutan kelembutan basmalah sangatlah banyak dan tidak terhitung,
yang ini saja sudah cukup. wabillahit taufiq.
wallohu a'lam.
إعانة الطالبين
سيد البكري الدمياطي
Tidak ada komentar:
Posting Komentar