حَدَّثَنَا
حَسَنُ بْنُ الرَّبِيْعِ وَأَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ قَالاَ
حَدَّثَنَا أَبُو اْلأَحْوَصِ عَنْ سِمَاكٍ عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ
قَالَ:
كُنْتُ أُصَلِّي مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَكَانَتْ صَلاَتُهُ قَصْدًا وَخُطْبَتُهُ قَصْدًا
41 – (866)
Telah menceritakan kepada kami Hasan bin Rabi’ dan Abu Bakar bin Abu
Syaibah keduanya berkata, Telah menceritakan kepada kami Abul
Ahwash dari Simak dari Jabir bin Samurah ia berkata:Saya pernah shalat (Jum’at) bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, lama shalat dan khutbah beliau pertengahan (tidak terlalu panjang atau terlalu pendek).
(Shahih Muslim : 866 – 41)
وَ
حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَابْنُ نُمَيْرٍ قَالاَ
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بِشْرٍ حَدَّثَنَا زَكَرِيَّاءُ حَدَّثَنِي
سِمَاكُ بْنُ حَرْبٍ عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ قَالَ:
كُنْتُ
أُصَلِّي مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الصَّلَوَاتِ
فَكَانَتْ صَلاَتُهُ قَصْدًا وَخُطْبَتُهُ قَصْدًا وَفِي رِوَايَةِ أَبِي
بَكْرٍ زَكَرِيَّاءُ عَنْ سِمَاكٍ
42 – (866)
Dan Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah dan Ibnu
Numair keduanya berkata, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin
Bisyr telah menceritakan kepada kami Zakariya telah menceritakan
kepadaku Simak bin Harb dari Jabir bin Samurah ia berkata:Kami telah beberapa kali shalat (Jum’at) bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, maka shalat dan khutbah beliau adalah pertengahan (tidak terlalu panjang dan tidak pula terlalu pendek). Sementara dalam riwayat Abu Bakar bin Zakariya dari Simak.
(Shahih Muslim : 866 – 42)
وَحَدَّثَنِي
مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ بْنُ عَبْدِ
الْمَجِيْدِ عَنْ جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ جَابِرِ بْنِ
عَبْدِ اللهِ قَالَ:
كَانَ
رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا خَطَبَ اِحْمَرَّتْ
عَيْنَاهُ وَعَلاَ صَوْتُهُ وَاشْتَدَّ غَضَبُهُ حَتَّى كَأَنَّهُ مُنْذِرُ
جَيْشٍ يَقُوْلُ صَبَّحَكُمْ وَمَسَّاكُمْ وَيَقُوْلُ بُعِثْتُ أَنَا
وَالسَّاعَةُ كَهَاتَيْنِ وَيَقْرُنُ بَيْنَ إِصْبَعَيْهِ السَّبَّابَةِ
وَالْوُسْطَى وَيَقُوْلُ أَمَّا بَعْدُ فَإِنَّ خَيْرَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ
اللهِ وَخَيْرُ الْهُدَى هُدَى مُحَمَّدٍ وَشَرُّ اْلأُمُورِ
مُحْدَثَاتُهَا وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ ثُمَّ يَقُوْلُ أَنَا أَوْلَى
بِكُلِّ مُؤْمِنٍ مِنْ نَفْسِهِ مَنْ تَرَكَ مَالاً فَلِأَهْلِهِ وَمَنْ
تَرَكَ دَيْنًا أَوْ ضَيَاعًا فَإِلَيَّ وَعَلَيَّ
43 – (867)
Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna dan Abdul
Wahhab bin Abdul Majid dari Ja’far bin
Muhammad dari bapaknya dari Jabir bin Abdullah ia berkata:Bahwasanya, Apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyampaikan khutbah, maka kedua matanya memerah, suaranya lantang, dan semangatnya berkobar-kobar bagaikan panglima perang yang sedang memberikan komando kepada bala tentaranya. Beliau bersabda: Hendaklah kalian selalu waspada di waktu pagi dan petang. Aku diutus, sementara antara aku dan hari kiamat adalah seperti dua jari ini (yakni jari telunjuk dan jari tengah). Kemudian beliau melanjutkan bersabda: Amma ba’du. Sesungguhnya sebaik-baik perkataan adalah Kitabullah, sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Seburuk-buruk perkara adalah perkara yang diada-adakan dan setiap bid’ah adalah sesat. Kemudian beliau bersabda: Aku lebih utama bagi setiap muslim daripada dirinya sendiri. Karena itu, siapa yang meninggalkan harta, maka harta itu adalah milik keluarganya. Sedangkan siapa yang mati dengan meninggalkan hutang atau keluarga yang terlantar, maka hal itu adalah tanggungjawabku.
(Shahih Muslim : 867 – 43)
وَ
حَدَّثَنَا عَبْدُ بْنُ حُمَيْدٍ حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ مَخْلَدٍ
حَدَّثَنِي سُلَيْمَانُ بْنُ بِلاَلٍ حَدَّثَنِي جَعْفَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ
عَنْ أَبِيْهِ قَالَ سَمِعْتُ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللهِ يَقُوْلُ كَانَتْ
خُطْبَةُ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ
يَحْمَدُ اللهَ وَيُثْنِي عَلَيْهِ ثُمَّ يَقُوْلُ عَلَى إِثْرِ ذَلِكَ
وَقَدْ عَلاَ صَوْتُهُ ثُمَّ سَاقَ الْحَدِيْثَ بِمِثْلِهِ
44 – (867)
Dan telah menceritakan kepada kami Abdu bin Humaid telah menceritakan
kepada kami Khalid bin Makhlad telah menceritakan kepadaku Sulaiman bin
Bilal telah menceritakan kepadaku Ja’far bin Muhammad dari bapaknya ia
berkata; Saya mendengar Jabir bin Abdullah berkata; Isi khutbah Nabi
shallallahu ‘alaihi wasallam pada hari Jum’at adalah, beliau memuji
Allah, dan membaca puji-pujian atas-Nya, kemudian berliau menyampaikan
khutbah dengan suara yang lantang. Kemudian ia pun menyebutkan hadits.(Shahih Muslim : 867 – 44)
وَ
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا وَكِيْعٌ عَنْ
سُفْيَانَ عَنْ جَعْفَرٍ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ جَابِرٍ قَالَ:
كَانَ
رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْطُبُ النَّاسَ
يَحْمَدُ اللهَ وَيُثْنِي عَلَيْهِ بِمَا هُوَ أَهْلُهُ ثُمَّ يَقُوْلُ
مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ
لَهُ وَخَيْرُ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ ثُمَّ سَاقَ الْحَدِيْثَ بِمِثْلِ
حَدِيثِ الثَّقَفِيِّ
45 – (867)
Dan telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah telah
menceritakan kepada
kami Waki’ dari Sufyan dari Ja’far dari Bapaknya dari Jabir berkata:Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam jika berkhotbah, beliau memuji Allah dan bersyukur kepadaNya kemudian beliau melanjutkan dengan kata:
Barangsiapa yang Allah memberinya petunjuk, niscaya tidak ada yang akan menyesatkannya, dan barangsiapa yang sesat, niscaya tidak ada yang menunjukinya, dan sebaik-baik perkataan adalah Kitab Allah, kemudian hadits sebagaimana hadits Ats Tsaqafi.
(Shahih Muslim : 867 – 45)
وَحَدَّثَنَا
إِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ وَمُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى كِلاَهُمَا
عَنْ عَبْدِ اْلأَعْلَى قَالَ اِبْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنِي عَبْدُ
اْلأَعْلَى وَهُوَ أَبُوْ هَمَّامٍ حَدَّثَنَا دَاوُدُ عَنْ عَمْرِو بْنِ
سَعِيْدٍ عَنْ سَعِيْدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ :
أَنَّ
ضِمَادًا قَدِمَ مَكَّةَ وَكَانَ مِنْ أَزْدِ شَنُوْءَةَ وَكَانَ يَرْقِي
مِنْ هَذِهِ الرِّيْحِ فَسَمِعَ سُفَهَاءَ مِنْ أَهْلِ مَكَّةَ
يَقُوْلُوْنَ إِنَّ مُحَمَّدًا مَجْنُوْنٌ فَقَالَ لَوْ أَنِّي رَأَيْتُ
هَذَا الرَّجُلَ لَعَلَّ اللهَ يَشْفِيْهِ عَلَى يَدَيَّ قَالَ فَلَقِيَهُ
فَقَالَ يَا مُحَمَّدُ إِنِّي أَرْقِي مِنْ هَذِهِ الرِّيْحِ وَإِنَّ اللهَ
يَشْفِي عَلَى يَدِي مَنْ شَاءَ فَهَلْ لَكَ فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ
وَنَسْتَعِيْنُهُ مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ
فَلاَ هَادِيَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ
شَرِيْكَ لَهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ أَمَّا بَعْدُ
قَالَ فَقَالَ أَعِدْ عَلَيَّ كَلِمَاتِكَ هَؤُلاَءِ فَأَعَادَهُنَّ
عَلَيْهِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ
قَالَ فَقَالَ لَقَدْ سَمِعْتُ قَوْلَ الْكَهَنَةِ وَقَوْلَ السَّحَرَةِ
وَقَوْلَ الشُّعَرَاءِ فَمَا سَمِعْتُ مِثْلَ كَلِمَاتِكَ هَؤُلاَءِ
وَلَقَدْ بَلَغْنَ نَاعُوْسَ الْبَحْرِ قَالَ فَقَالَ هَاتِ يَدَكَ
أُبَايِعْكَ عَلَى اْلإِسْلاَمِ قَالَ فَبَايَعَهُ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى قَوْمِكَ قَالَ وَعَلَى قَوْمِي
قَالَ فَبَعَثَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَرِيَّةً
فَمَرُّوْا بِقَوْمِهِ فَقَالَ صَاحِبُ السَّرِيَّةِ لِلْجَيْشِ هَلْ
أَصَبْتُمْ مِنْ هَؤُلاَءِ شَيْئًا فَقَالَ رَجُلٌ مِنَ الْقَوْمِ أَصَبْتُ
مِنْهُمْ مِطْهَرَةً فَقَالَ رُدُّوْهَا فَإِنَّ هَؤُلاَءِ قَوْمُ ضِمَادٍ
46 – (868)
Dan Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Ibrahim dan Muhammad bin
Al Mutsanna keduanya dari Al A’la - Ibnul Mutsanna berkata- telah
menceritakan kepadaku Abdul A’la ia adalah Abu Hammam, telah
menceritakan kepada kami Dawud dari Amru bin Sa’id dari Sa’id bin
Jubair dari Ibnu Abbas bahwasanyaSuatu ketika, Dhimad pernah datang ke Makkah. Dia berasal dari Azdi Syanu`ah, dan pandai meruqyah (mengobati dengan bacaan-bacaan tertentu) seorang yang gila atau terkena gangguan jin. Kemudian pada suatu hari ia mendengar orang-orang bodoh penduduk Makkah mengatakan bahwa Muhammad itu gila. Maka Dhimad berkata, Sekiranya aku dapat melihat laki-laki ini, mudah-mudahan Allah menyembuhkannya melalui tanganku. Maka Dhimad pun menemui beliau, dan berkata, Wahai Muhammad, saya biasa meruqyah penyakit ini, dan Allah akan menyembuhkan melalui tanganku siapa saja yang dikehendakinya. Maukah kamu? Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam membaca: INNAL HAMDA LILLAHI NAHMADUHU WA NASTA’IINUHU MAN YAHDIHILLAHU FALAA MUDLILLA LAHU WA MAN YUDHLIL FALAA HAADLIYA LAHU WA ASYHADU AN LAA ILAAHA ILLALLAH WAHDAHU LAA SYARIIKA LAHU WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUHU WA RASUULUH AMMA BA’DU. Dhimad berkata, Ulangilah lagi kata-katamu tadi. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pun mengulanginya kembali hingga tiga kali. Akhirnya Dhimad berkata, Aku telah mendengar kata-kata tukang tenun, kata-kata tukang sihir dan kata-kata tukang sya’ir tetapi aku belum pernah mendengar kata-kata seperti yang Anda ucapkan itu, akupun juga pernah mengarungi lautan. Berikanlah tangan Anda padaku, aku akan bersumpah setia dengan Anda untuk memeluk Islam. Maka beliau pun membai’atnya. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Dan juga untuk kaummu. Dhimad berkata, Ya, juga untuk kaumku. Tidak berapa lama kemudian, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengutus Sariyah (pasukan khusus yang ditugaskan utuk operasi tertentu), lalu mereka melewati kaumnya Dhimad. Lalu komandan pasukan itu bertanya kepada para prajuritnya, Adakah kalian mengambil sesuatu dari kampun itu? maka seorang laki-laki menyahut, Ada, saya telah mengambil ember mereka. maka sang komandan pun berkata,Kembalikanlah. Karena mereka adalah kaumnya Dhimad.
(Shahih Muslim : 868 – 46)
حَدَّثَنِي
سُرَيْجُ بْنُ يُوْنُسَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَبْدِ
الْمَلِكِ بْنِ أَبْجَرَ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ وَاصِلِ بْنِ حَيَّانَ قَالَ
قَالَ أَبُوْ وَائِلٍ:
خَطَبَنَا
عَمَّارٌ فَأَوْجَزَ وَأَبْلَغَ فَلَمَّا نَزَلَ قُلْنَا يَا أَبَا
الْيَقْظَانِ لَقَدْ أَبْلَغْتَ وَأَوْجَزْتَ فَلَوْ كُنْتَ تَنَفَّسْتَ
فَقَالَ إِنِّي سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يَقُوْلُ إِنَّ طُوْلَ صَلاَةِ الرَّجُلِ وَقِصَرَ خُطْبَتِهِ مَئِنَّةٌ
مِنْ فِقْهِهِ فَأَطِيْلُوْا الصَّلاَةَ وَاقْصُرُوْا الْخُطْبَةَ وَإِنَّ
مِنَ الْبَيَانِ سِحْرًا
47 – (869)
Telah menceritakan kepadaku Suraij bin Yunus telah menceritakan
kepada kamiAbdurrahman bin Abdul Malik bin
Abjar dari bapaknya dari Washil bin Hayyan ia berkata, Abu
Wa`il berkata:Ammar pernah menyampaikan khutbah Jum’at kepada kami dengan bahasa yang singkat dan padat. Maka ketika ia turun dari mimbar, kami pun berkata kepadanya, Wahai Abu Yaqzhan! Khutbah Anda begitu singkat dan padat. Alangkah baiknya kalau Anda panjangkan lagi. Ammar berkata; Saya mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya lamanya shalat dan pendeknya khutbah seseorang itu menunjukkan tentang pemahaman ia tentang agamanya. Karena itu, panjangkanlah shalat dan pendekkanlah khutbah, karena sebagian dari bayan (penjelasan) adalah sihir
(Shahih Muslim : 869 – 47)
حَدَّثَنَا
أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَمُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ
نُمَيْرٍ قَالاَ حَدَّثَنَا وَكِيْعٌ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ عَبْدِ
الْعَزِيْزِ بْنِ رُفَيْعٍ عَنْ تَمِيْمِ بْنِ طَرَفَةَ عَنْ عَدِيِّ بْنِ
حَاتِمٍ :
أَنَّ
رَجُلاً خَطَبَ عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
فَقَالَ مَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ رَشَدَ وَمَنْ يَعْصِهِمَا
فَقَدْ غَوَى فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
بِئْسَ الْخَطِيْبُ أَنْتَ قُلْ وَمَنْ يَعْصِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ قَالَ
اِبْنُ نُمَيْرٍ فَقَدْ غَوِيَ
48 – (870)
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah dan Muhammd
bin Abdullah bin Numair telah menceritakan kepada
kami Waki’ dari Sufyan dari Abdul Aziz bin Rufai’ dari Tamim bin
Tharafah dari Adi bin Hatim bahwa seorang laki-laki berkhutbah di sisi
Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam seraya berkata:Barangsiapa yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya, maka ia telah mendapat petunjuk, dan siapa yang bermaksiat kepada keduanya, maka ia telah tersesat. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Seburuk-buruk Khathib adalah kamu. Maka katakanlah, Dan barangsiapa yang bermaksiat kepada Allah dan Rasul-Nya. Ibnu Numair mengatakan; Maka ia telah tersesat.
(Shahih Muslim : 870 – 48)
حَدَّثَنَا
قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيْدٍ وَأَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَإِسْحَقُ
الْحَنْظَلِيُّ جَمِيْعًا عَنِ ابْنِ عُيَيْنَةَ قَالَ قُتَيْبَةُ
حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ عَمْرٍو سَمِعَ عَطَاءً يُخْبِرُ عَنْ صَفْوَانَ
بْنِ يَعْلَى عَنْ أَبِيهِ :
أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ عَلَى الْمِنْبَرِ { وَنَادَوْا يَا مَالِك {
49 – (871)
Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa’id dan Abu Bakar bin
Abu Syaibah dan Ishaq Al Hanzhali semuanya dari Ibnu Uyainah - Qutaibah
berkata :Telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Amru ia mendengar Atha` mengabarkan kepadanya dari Shafwan bin Ya’la dari bapaknya bahwa ia mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam membaca (ayat) di atas mimbar. Dan mereka memanggil, Wahai Malik.
(Shahih Muslim : 871 – 49)
وَحَدَّثَنِي
عَبْدُ اللهِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الدَّارِمِيُّ أَخْبَرَنَا يَحْيَى
بْنُ حَسَّانَ حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ بِلاَلٍ عَنْ يَحْيَى بْنِ
سَعِيْدٍ عَنْ عَمْرَةَ بِنْتِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أُخْتٍ لِعَمْرَةَ
قَالَتْ:
أَخَذْتُ
ق وَالْقُرْآنِ الْمَجِيْدِ مِنْ فِي رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَهُوَ يَقْرَأُ بِهَا عَلَى الْمِنْبَرِ
فِي كُلِّ جُمُعَةٍ
50 – (872)
Dan telah menceritakan kepadaku Abdullah bin Abdurrahman Ad
Darimi telah mengabarkan kepada kami Yahya bin Hassan telah menceritakan
kepada kami Sulaiman bin Bilal dari Yahya bin Sa’id dari Amrah binti
Abdurrahman dari saudara perempuan Amrah, ia berkata:Aku menghafal surat Qaaf langsung dari mulut Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, yakni ketika beliau membacanya beberapa kali di atas mimbar dalam khutbah Jum’at.
(Shahih Muslim : 872 – 50)
و
حَدَّثَنِيهِ أَبُو الطَّاهِرِ أَخْبَرَنَا اِبْنُ وَهْبٍ عَنْ يَحْيَى
بْنِ أَيُّوْبَ عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيْدٍ عَنْ عَمْرَةَ عَنْ أُخْتٍ
لِعَمْرَةَ بِنْتِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ كَانَتْ أَكْبَرَ مِنْهَا بِمِثْلِ
حَدِيثِ سُلَيْمَانَ بْنِ بِلاَلٍ
(872)
Dan telah menceritakannya kepadaku Abu Thahir telah mengabarkan
kepada kami Ibnu Wahb dari Yahya bin Ayyub dari Yahya bin
Sa’id dari Amrah dari saudara perempuan Amrah binti Abdurrahman dan
lebih besar darinya. yakni sebagaimana hadits Sulaiman bin Bilal.(Shahih Muslim : 872 )
حَدَّثَنِي
مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا
شُعْبَةُ عَنْ خُبَيْبٍ عَنْ عَبدِ اللهِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ مَعْنٍ عَنْ
بِنْتٍ لِحَارِثَةَ بْنِ النُّعْمَانِ قَالَتْ :
مَا
حَفِظْتُ ق إِلاَّ مِنْ فِي رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَخْطُبُ بِهَا كُلَّ جُمُعَةٍ قَالَتْ وَكَانَ تَنُّوْرُنَا
وَتَنُّوْرُ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَاحِدًا
51 – (873)
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar telah
menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far telah menceritakan kepada
kami Syu’bah dari Khubaib dari Abdullah bin Muhammad dari salah seorang
putri Ma’n binti Haritsah bin Nu’man ia berkata:Tidaklah saya menghafal surat Qaaf kecuali dari mulut Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau membacanya pada setiap kali khutbah Jum’at. Dan tempat pembuatan roti kami dengan pembuatan roti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah satu.
(Shahih Muslim : 873 – 51)
وَ
حَدَّثَنَا عَمْرٌو النَّاقِدُ حَدَّثَنَا يَعْقُوْبُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ
بْنِ سَعْدٍ حَدَّثَنَا أَبِي عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَقَ قَالَ
حَدَّثَنِي عَبْدُ اللهِ بْنُ أَبِي بَكْرِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو
بْنِ حَزْمٍ اَلْأَنْصَارِيُّ عَنْ يَحْيَى بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ
الرَّحْمَنِ بْنِ سَعْدِ بْنِ زُرَارَةَ عَنْ أُمِّ هِشَامٍ بِنْتِ
حَارِثَةَ بْنِ النُّعْمَانِ قَالَتْ:
لَقَدْ
كَانَ تَنُّوْرُنَا وَتَنُّوْرُ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ وَاحِدًا سَنَتَيْنِ أَوْ سَنَةً وَبَعْضَ سَنَةٍ وَمَا أَخَذْتُ
ق وَالْقُرْآنِ الْمَجِيدِ إِلاَّ عَنْ لِسَانِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَؤُهَا كُلَّ يَوْمِ جُمُعَةٍ عَلَى
الْمِنْبَرِ إِذَا خَطَبَ النَّاسَ
52 – (873)
Dan Telah menceritakan kepada kami Amru An Naqid telah menceritakan
kepada kami Ya’qub bin Ibrahim bin Sa’d telah menceritakan kepada
kami bapakku dari Muhammad bin Ishaq ia berkata, telah menceritakan
kepadaku Abdullah bin Abu Bakar bin Muhammad bin Amru bin Hazm Al
Anshari dari Yahya bin Abdullah bin Abdurrahman bin Sa’d bin Zurarah
dari Ummi Hisyam binti Haritsah bin Nu’man ia berkata:Tempat pembuatan roti kami dan tempat pembuatan roti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah sama selama dua atau satu tahun lebih, dan tidaklah saya menghafal surat ‘QAAF WAL QUR`ANIL MAJIID’ kecuali dari lisan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau membacanya pada setiap hari Jum’at di atas mimbar saat beliau menyampaikan khutbah kepada manusia.
(Shahih Muslim : 873 – 52)
وَ
حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ
بْنُ إِدْرِيْسَ عَنْ حُصَيْنٍ عَنْ عُمَارَةَ بْنِ رُؤَيْبَةَ قَالَ:
رَأَى
بِشْرَ بْنَ مَرْوَانَ عَلَى الْمِنْبَرِ رَافِعًا يَدَيْهِ فَقَالَ
قَبَّحَ اللهُ هَاتَيْنِ الْيَدَيْنِ لَقَدْ رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا يَزِيْدُ عَلَى أَنْ يَقُوْلَ
بِيَدِهِ هَكَذَا وَأَشَارَ بِإِصْبَعِهِ الْمُسَبِّحَةِ
53 – (874)
Dan Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah telah
menceritakan kepada kami Abdullah bin Idris dari Hushain dari Umarah bin
Ru`aibahBahwa suatu ketika ia melihat Bisyra bin Marwan mengangkat kedua tangannya di atas mimbar, maka ia pun berkata; Semoga Allah menjelekkan kedua tangan ini. Sungguh, saya telah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau tidak menambah lagi setelah memberikan isyarat dengan tangannya seperti ini -ia pun memberi isyarat dengan jari telunjuknya-.
(Shahih Muslim : 874 – 53)
وَ
حَدَّثَنَاه قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيْدٍ حَدَّثَنَا أَبُوْ عَوَانَةَ عَنْ
حُصَيْنِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ قَالَ رَأَيْتُ بِشْرَ بْنَ مَرْوَانَ
يَوْمَ جُمُعَةٍ يَرْفَعُ يَدَيْهِ فَقَالَ عُمَارَةُ بْنُ رُؤَيْبَةَ
فَذَكَرَ نَحْوَهُ
(874)
Dan telah menceritakannya kepada kami Qutaibah bin Sa’id telah
menceritakan kepada kami Abu Awanah dari Hushain bin Abdurrahman ia
berkata; Saya melihat Bisyra bin Marwan pada hari Jum’at mengangkat
kedua tangannya, maka Umarah bin Ru`aibah pun berkata. Kemudian ia pun
menyebutkan hadits semisal.(Shahih Muslim : 874)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar