وَحَدَّثَنَا
أَبُو الرَّبِيْعِ الزَّهْرَانِيُّ وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيْدٍ قَالاَ
حَدَّثَنَا حَمَّادٌ وَهُوَ اِبْنُ زَيْدٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ دِيْنَارٍ
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ:
بَيْنَا
النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْطُبُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ
إِذْ جَاءَ رَجُلٌ فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ أَصَلَّيْتَ يَا فُلاَنُ قَالَ لاَ قَالَ قُمْ فَارْكَعْ
54 – (875)
Dan Telah menceritakan kepada kami Abu Rabi’ Az Zahrani dan Qutaibah
bin Sa’id keduanya berkata, telah menceritakan kepada kami Hammad ia
adalah Ibnu Zaid dari Amru bin Dinar dari Jabir bin Abdullah ia berkata:Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyampaikan khutbah pada hari Jum’at, tiba-tiba datanglah seorang laki-laki dan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pun bertanya kepadanya: Apakah kamu telah menunaikan shalat (dua raka’at) wahai Fulan? laki-laki itu pun menjawab, Belum. Beliau bersabda: Bangun dan shalatlah.
(Shahih Muslim : 875 – 54)
حَدَّثَنَا
أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَيَعْقُوْبُ الدَّوْرَقِيُّ عَنِ
ابْنِ عُلَيَّةَ عَنْ أَيُّوْبَ عَنْ عَمْرٍو عَنْ جَابِرٍ عَنِ النَّبِيِّ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَمَا قَالَ حَمَّادٌ وَلَمْ يَذْكُرِ
الرَّكْعَتَيْنِ
(875)
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah dan Ya’qub
Ad Dauraqi dari Ibnu Ulayyah dari Ayyub dari Amru dari Jabir dari Nabi
shallallahu ‘alaihi wasallam, yakni sebagaimana apa yang dikatakan
Hammad, namun ia tidak menyebutkan dua raka’at.(Shahih Muslim : 875 )
وَ
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيْدٍ وَإِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ قَالَ
قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا وَقَالَ إِسْحَقُ أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ عَنْ
عَمْرٍو سَمِعَ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللهِ يَقُوْلُ:
دَخَلَ
رَجُلٌ اَلْمَسْجِدَ وَرَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يَخْطُبُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَقَالَ أَصَلَّيْتَ قَالَ لاَ قَالَ قُمْ
فَصَلِّ الرَّكْعَتَيْنِ وَفِي رِوَايَةِ قُتَيْبَةَ قَالَ صَلِّ
رَكْعَتَيْنِ
55 – (875)
Dan telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa’id dan Ishaq bin
Ibrahim -Qutaibah berkata- telah menceritakan kepada kami -dan Ishaq
berkata- telah mengabarkan kepada kami Sufyan dari Amru ia
mendengar Jabir bin Abdullah berkata:Seorang laki-laki masuk Masjid sementara Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sedang menyampaikan khutbah Jum’at, maka beliau pun bertanya: Apakah kamu telah shalat? Laki-laki itu menjawab, belum. Maka beliau bersabda: Bangun dan shalatlah dua raka’at. dan dalam riwayat Qutaibah, Shalatlah dua raka’at.
(Shahih Muslim : 875 – 55)
وَ
حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ وَعَبْدُ بْنُ حُمَيْدٍ قَالَ اِبْنُ
رَافِعٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا اِبْنُ جُرَيْجٍ
أَخْبَرَنِي عَمْرُو بْنُ دِينَارٍ أَنَّهُ سَمِعَ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ
اللهِ يَقُوْلُ:
جَاءَ
رَجُلٌ وَالنَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى الْمِنْبَرِ
يَوْمَ الْجُمُعَةِ يَخْطُبُ فَقَالَ لَهُ أَرَكَعْتَ رَكْعَتَيْنِ قَالَ
لاَ فَقَالَ اِرْكَعْ
56 – (875)
Dan telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Rafi’ dan Abdu bin
Humaid -Ibnu Rafi’ berkata- telah menceritakan kepada
kami Abdurrazaq telah mengabarkan kepada kami Ibnu Juraij telah
mengabarkan kepadaku Amru bin Dinar bahwa ia mendengar Jabir bin
Abdullah berkata:Seorang laki-laki datang, sementara Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam sedang menyampaikan khutbah Jum’at di atas mimbar. Maka beliau pun bertanya padanya: Apakah kamu telah shalat dua raka’at? laki-laki itu menjawab, belum. Beliau bersabda: Ruku’lah (shalatlah).
(Shahih Muslim : 875 – 56)
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدٌ وَهُوَ اِبْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ عَمْرٍو قَالَ:
سَمِعْتُ
جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللهِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ خَطَبَ فَقَالَ إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ
وَقَدْ خَرَجَ اْلإِمَامُ فَلْيُصَلِّ رَكْعَتَيْنِ
57 – (875)
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar telah
menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far telah menceritakan kepada
kami Syu’bah dari Amru ia berkata:Saya mendengar Jabir bin Abdulah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkhutbah seraya bersabda: “Jika salah seorang dari kalian datang untuk mengerjakan shalat Jum’at, sementara imam telah keluar (naik mimbar), hendaklah ia shalat dua raka’at.
(Shahih Muslim : 875 – 57)
وَ
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيْدٍ حَدَّثَنَا لَيْثٌ ح و حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ رُمْحٍ أَخْبَرَنَا اللَّيْثُ عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ عَنْ
جَابِرٍ أَنَّهُ قَالَ:
جَاءَ
سُلَيْكٌ اَلْغَطَفَانِيُّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَرَسُوْلُ اللهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَاعِدٌ عَلَى الْمِنْبَرِ فَقَعَدَ سُلَيْكٌ
قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ أَرَكَعْتَ رَكْعَتَيْنِ قَالَ لاَ قَالَ قُمْ فَارْكَعْهُمَا
58 – (875)
Dan telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa’id Telah
menceritakan kepada kami Laits -dalam jalur lain- Dan telah menceritakan
kepada kami Muhammad bin Rumh telah mengabarkan kepada
kami Laits dari Abu Zubair dari Jabir bahwa ia berkata:Sulaik Al Ghathafani datang pada hari Jum’at sementara Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sedang duduk di atas mimbar, maka Sulaik pun duduk sebelum ia shalat. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya padanya, Apakah kamu telah shalat dua raka’at ? ia menjawab, belum. Beliau bersabda: Bangunlah, dan shalatlah dua raka’at.
(Shahih Muslim : 875 – 58)
وَ
حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ وَعَلِيُّ بْنُ خَشْرَمٍ
كِلاَهُمَا عَنْ عِيْسَى بْنِ يُوْنُسَ قَالَ اِبْنُ خَشْرَمٍ أَخْبَرَنَا
عِيْسَى عَنِ اْلأَعْمَشِ عَنْ أَبِي سُفْيَانَ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ
اللهِ قَالَ:
جَاءَ
سُلَيْكٌ الْغَطَفَانِيُّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَرَسُولُ اللهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْطُبُ فَجَلَسَ فَقَالَ لَهُ يَا سُلَيْكُ
قُمْ فَارْكَعْ رَكْعَتَيْنِ وَتَجَوَّزْ فِيْهِمَا ثُمَّ قَالَ إِذَا
جَاءَ أَحَدُكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَاْلإِمَامُ يَخْطُبُ فَلْيَرْكَعْ
رَكْعَتَيْنِ وَلْيَتَجَوَّزْ فِيْهِمَا
59 – (875)
Dan telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Ibrahim dan Ali bin
Khasyram keduanya dari Isa bin Yunus - Ibnu Khasyram berkata- telah
mengabarkan kepada kami Isa dari Al A’masy dari Abu Sufyan dari Jabir
bin Abdullah ia berkata:Sulaik Al Ghathafani datang pada hari Jum’at, sementara Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sedang berkhutbah, ia pun duduk, maka beliau pun bertanya padanya: Wahai Sulaik, bangun dan shalatlah dua raka’at, kerjakanlah dengan ringan. Kemudian beliau bersabda: Jika salah seorang dari kalian datang pada hari Jum’at, sedangkan Imam sedang berkhutbah, maka hendaklah ia shalat dua raka’at dengan ringan.
(Shahih Muslim : 875 – 59)
Ulama dalam mazhab Syafie ada dua pandangan. mazhab malik dan hanbali hukum makruh.
BalasHapus