Hadits Muslim 3335
حَدَّثَنِي
عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُعَاذٍ الْعَنْبَرِيُّ حَدَّثَنَا أَبِي
حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ قَالَ سَمِعْتُ الْبَرَاءَ بْنَ
عَازِبٍ يَقُولُا
كَتَبَ عَلِيُّ بْنُ أَبِي طَالِبٍ الصُّلْحَ بَيْنَ النَّبِيِّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَبَيْنَ الْمُشْرِكِينَ يَوْمَ
الْحُدَيْبِيَةِ فَكَتَبَ هَذَا مَا كَاتَبَ عَلَيْهِ مُحَمَّدٌ رَسُولُ
اللَّهِ فَقَالُوا لَا تَكْتُبْ رَسُولُ اللَّهِ فَلَوْ نَعْلَمُ أَنَّكَ
رَسُولُ اللَّهِ لَمْ نُقَاتِلْكَ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِعَلِيٍّ امْحُهُ فَقَالَ مَا أَنَا بِالَّذِي
أَمْحَاهُ فَمَحَاهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
بِيَدِهِ قَالَ وَكَانَ فِيمَا اشْتَرَطُوا أَنْ يَدْخُلُوا مَكَّةَ
فَيُقِيمُوا بِهَا ثَلَاثًا وَلَا يَدْخُلُهَا بِسِلَاحٍ إِلَّا جُلُبَّانَ
السِّلَاحِ قُلْتُ لِأَبِي إِسْحَقَ وَمَا جُلُبَّانُ السِّلَاحِ قَالَ
الْقِرَابُ وَمَا فِيهِ
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى وَابْنُ بَشَّارٍ قَالَا حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ قَالَ
سَمِعْتُ الْبَرَاءَ بْنَ عَازِبٍ يَقُولُا لَمَّا صَالَحَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَهْلَ الْحُدَيْبِيَةِ كَتَبَ عَلِيٌّ
كِتَابًا بَيْنَهُمْ قَالَ فَكَتَبَ مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ ثُمَّ
ذَكَرَ بِنَحْوِ حَدِيثِ مُعَاذٍ غَيْرَ أَنَّهُ لَمْ يَذْكُرْ فِي
الْحَدِيثِ هَذَا مَا كَاتَبَ عَلَيْهِ
Hapus kata-kata itu
(tulisan 'Rasulullah'). Ali menjawab, Aku tak mau menghapusnya. Maka
Nabi yg menghapusnya dgn tangannya sendiri. Al Barra` berkata, Isi
perjanjian itu antara lain menetapkan bahwa kaum Muslimin boleh masuk
& tinggal di kota Makkah selama tiga hari. Tidak boleh membawa
senjata kecuali diletakkan dalam sarungnya. Aku bertanya kepada Abu
Ishaq, Apa yg dimaksud dgn sarung pedang? dia menjawab, Yaitu sarung pedang & sesuatu yg ada di dalamnya. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna & Ibnu Basyar keduanya berkata; telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja'far telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Abu Ishaq dia berkata; aku mendengar Al Barra` bin 'Azib berkata, Rasulullah pernah mengadakan perjanjian Hudaibiyyah, lantas Ali menulis suatu catatan di anatara mereka. Al Barra` berkata, Lalu dia menulis; Muhammad Rasulullah...kemudian dia menyebutkan seperti hadits Mu'adz, namun dalam haditsnya dia tak menyebutkan, Ini adl perjanjian yg ditulis olehnya. [HR. Muslim No.3335].
Hadits Muslim 3336
حَدَّثَنَا
إِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْحَنْظَلِيُّ وَأَحْمَدُ بْنُ جَنَابٍ
الْمِصِّيصِيُّ جَمِيعًا عَنْ عِيسَى بْنِ يُونُسَ وَاللَّفْظُ لِإِسْحَقَ
أَخْبَرَنَا عِيسَى بْنُ يُونُسَ أَخْبَرَنَا زَكَرِيَّاءُ عَنْ أَبِي
إِسْحَقَ عَنْ الْبَرَاءِ قَالَ
لَمَّا أُحْصِرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عِنْدَ
الْبَيْتِ صَالَحَهُ أَهْلُ مَكَّةَ عَلَى أَنْ يَدْخُلَهَا فَيُقِيمَ
بِهَا ثَلَاثًا وَلَا يَدْخُلَهَا إِلَّا بِجُلُبَّانِ السِّلَاحِ
السَّيْفِ وَقِرَابِهِ وَلَا يَخْرُجَ بِأَحَدٍ مَعَهُ مِنْ أَهْلِهَا
وَلَا يَمْنَعَ أَحَدًا يَمْكُثُ بِهَا مِمَّنْ كَانَ مَعَهُ قَالَ
لِعَلِيٍّ اكْتُبْ الشَّرْطَ بَيْنَنَا بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ
الرَّحِيمِ هَذَا مَا قَاضَى عَلَيْهِ مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ فَقَالَ
لَهُ الْمُشْرِكُونَ لَوْ نَعْلَمُ أَنَّكَ رَسُولُ اللَّهِ تَابَعْنَاكَ
وَلَكِنْ اكْتُبْ مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ فَأَمَرَ عَلِيًّا أَنْ
يَمْحَاهَا فَقَالَ عَلِيٌّ لَا وَاللَّهِ لَا أَمْحَاهَا فَقَالَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرِنِي مَكَانَهَا فَأَرَاهُ
مَكَانَهَا فَمَحَاهَا وَكَتَبَ ابْنُ عَبْدِ اللَّهِ فَأَقَامَ بِهَا
ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ فَلَمَّا أَنْ كَانَ يَوْمُ الثَّالِثِ قَالُوا
لِعَلِيٍّ هَذَا آخِرُ يَوْمٍ مِنْ شَرْطِ صَاحِبِكَ فَأْمُرْهُ
فَلْيَخْرُجْ فَأَخْبَرَهُ بِذَلِكَ فَقَالَ نَعَمْ فَخَرَجَ
و قَالَ ابْنُ جَنَابٍ فِي رِوَايَتِهِ مَكَانَ تَابَعْنَاكَ بَايَعْنَاكَ
Tulislah
syarat antara kami dgn mereka dgn Bismillahirrahmanirrahim, ini adl
hasil keputusan yg ditetapkan oleh Muhammad Rasulullah. Maka orang-orang
Musyrik berkata kepada beliau, Sekiranya kami mengetahui kalau kamu adl
Rasulullah, niscaya kami akan mengikutimu, akan tetapi tulislah
Muhammad bin Abdullah. Lalu beliau menyuruh Ali supaya menghapusnya,
namun Ali berkata, Demi Allah, aku tak akan menghapusnya. Kemudian
Rasulullah bersabda:Beritahukanlah kepadaku tempat yg kamu tulis tadi. Maka Ali memberitahukan kepada beliau tempatnya, lalu beliau sendiri yg menghapusnya, & diganti dgn Ibnu Abdullah. Beliau tinggal selama tiga hari, tatkala hari yg ke tiga, mereka (orang-orang Quraisy) berkata kepada Ali, Ini adl hari terakhir sebagaimana dalam syarat yg dibuat oleh saudaramu, maka suruhlah dia keluar (dari Makkah). Lantas Ali memberitahukan kepada belau, akhirnya beliau keluar (dari Makkah). Dan dalam riwayat Ibnu Janab disebutkan, Niscaya kami akan mengikutimu & berbaiat kepadamu. [HR. Muslim No.3336].
Hadits Muslim 3337
حَدَّثَنَا
أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا عَفَّانُ حَدَّثَنَا
حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ عَنْ ثَابِتٍ عَنْ أَنَسٍ
أَنَّ قُرَيْشًا صَالَحُوا النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
فِيهِمْ سُهَيْلُ بْنُ عَمْرٍو فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ لِعَلِيٍّ اكْتُبْ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ قَالَ
سُهَيْلٌ أَمَّا بِاسْمِ اللَّهِ فَمَا نَدْرِي مَا بِسْمِ اللَّهِ
الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ وَلَكِنْ اكْتُبْ مَا نَعْرِفُ بِاسْمِكَ
اللَّهُمَّ فَقَالَ اكْتُبْ مِنْ مُحَمَّدٍ رَسُولِ اللَّهِ قَالُوا لَوْ
عَلِمْنَا أَنَّكَ رَسُولُ اللَّهِ لَاتَّبَعْنَاكَ وَلَكِنْ اكْتُبْ
اسْمَكَ وَاسْمَ أَبِيكَ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ اكْتُبْ مِنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ فَاشْتَرَطُوا عَلَى
النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ مَنْ جَاءَ مِنْكُمْ
لَمْ نَرُدَّهُ عَلَيْكُمْ وَمَنْ جَاءَكُمْ مِنَّا رَدَدْتُمُوهُ
عَلَيْنَا فَقَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ أَنَكْتُبُ هَذَا قَالَ نَعَمْ
إِنَّهُ مَنْ ذَهَبَ مِنَّا إِلَيْهِمْ فَأَبْعَدَهُ اللَّهُ وَمَنْ
جَاءَنَا مِنْهُمْ سَيَجْعَلُ اللَّهُ لَهُ فَرَجًا وَمَخْرَجًا
Tulislah
Bismillahirrahmanirrahim. Suhail berkata, Aku tak tahu apa itu
Bismillahirrahmanirrahim, akan tetapi tulislah sebagaimana yg kami
ketahui yaitu, 'Bismikallahumma'. Beliau bersabda:Tulislah dari Muhammad Rasulullah. Mereka berkata, Sekiranya kami mengetahui bahwa kamu adl Rasulullah, sungguh kami akan mengikutimu, akan tetapi tulislah namamu & nama ayahmu. Lantas Nabi bersabda:
Tulislah dari Muhammad bin Abdullah. Kemudian mereka mengajukan persyaratan-persyaratan kepada Nabi , di antaranya ialah, bahwa setiap orang yg datang dari pihak kalian, maka kami tak akan mengembalikannya kepada kalian, namun jika pihak kami ada yg datang kepada kalian, maka kalian harus mengembalikannya kepada kami. Maka para sahabat bertanya, Wahai Rasulullah, apakah kita harus menulis persyaratan tersebut?
beliau menjawab: Ya, sebab orang-orang kita yg pergi kepada mereka, maka Allah akan menjauhkannya (dari rahmat-Nya), namun jika dari pihak mereka datang kepada kita, mudah-mudahan Allah memberikan jalan keluar. [HR. Muslim No.3337].
Hadits Muslim 3338
حَدَّثَنَا
أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ
نُمَيْرٍ ح و حَدَّثَنَا ابْنُ نُمَيْرٍ وَتَقَارَبَا فِي اللَّفْظِ
حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ سِيَاهٍ حَدَّثَنَا
حَبِيبُ بْنُ أَبِي ثَابِتٍ عَنْ أَبِي وَائِلٍ قَالَ
قَامَ سَهْلُ بْنُ حُنَيْفٍ يَوْمَ صِفِّينَ فَقَالَ أَيُّهَا النَّاسُ
اتَّهِمُوا أَنْفُسَكُمْ لَقَدْ كُنَّا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْحُدَيْبِيَةِ وَلَوْ نَرَى قِتَالًا
لَقَاتَلْنَا وَذَلِكَ فِي الصُّلْحِ الَّذِي كَانَ بَيْنَ رَسُولِ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَبَيْنَ الْمُشْرِكِينَ فَجَاءَ
عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ فَأَتَى رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَلَسْنَا عَلَى حَقٍّ وَهُمْ عَلَى
بَاطِلٍ قَالَ بَلَى قَالَ أَلَيْسَ قَتْلَانَا فِي الْجَنَّةِ
وَقَتْلَاهُمْ فِي النَّارِ قَالَ بَلَى قَالَ فَفِيمَ نُعْطِي
الدَّنِيَّةَ فِي دِينِنَا وَنَرْجِعُ وَلَمَّا يَحْكُمِ اللَّهُ بَيْنَنَا
وَبَيْنَهُمْ فَقَالَ يَا ابْنَ الْخَطَّابِ إِنِّي رَسُولُ اللَّهِ
وَلَنْ يُضَيِّعَنِي اللَّهُ أَبَدًا قَالَ فَانْطَلَقَ عُمَرُ فَلَمْ
يَصْبِرْ مُتَغَيِّظًا فَأَتَى أَبَا بَكْرٍ فَقَالَ يَا أَبَا بَكْرٍ
أَلَسْنَا عَلَى حَقٍّ وَهُمْ عَلَى بَاطِلٍ قَالَ بَلَى قَالَ أَلَيْسَ
قَتْلَانَا فِي الْجَنَّةِ وَقَتْلَاهُمْ فِي النَّارِ قَالَ بَلَى قَالَ
فَعَلَامَ نُعْطِي الدَّنِيَّةَ فِي دِينِنَا وَنَرْجِعُ وَلَمَّا يَحْكُمِ
اللَّهُ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ فَقَالَ يَا ابْنَ الْخَطَّابِ إِنَّهُ
رَسُولُ اللَّهِ وَلَنْ يُضَيِّعَهُ اللَّهُ أَبَدًا قَالَ فَنَزَلَ
الْقُرْآنُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
بِالْفَتْحِ فَأَرْسَلَ إِلَى عُمَرَ فَأَقْرَأَهُ إِيَّاهُ فَقَالَ يَا
رَسُولَ اللَّهِ أَوْ فَتْحٌ هُوَ قَالَ نَعَمْ فَطَابَتْ نَفْسُهُ
وَرَجَعَ
tidakkah kita dalam kebenaran & mereka dalam kebathilan? beliau bersabda:
Ya. Dia berkata, Bukankah jika kita terbunuh akan masuk surga?
sedangkan jika mereka terbunuh, mereka akan masuk neraka?
beliau menjawab: Ya benar. Umar bertanya, Mengapakah kita harus mengalah mengenai agama kita, & pulang begitu saja?
Padahal Allah belum memberikan keputusan apa-apa antara kita dgn mereka?
Beliau menjawab: Wahai Ibnul Khattab, sesungguhnya aku adl Rasulullah, & sekali-kali Allah tak akan menyia-nyiakan aku selama-lamanya. Abu Wa'il berkata, Umar lalu pergi dalam keadaan tak puas, bahkan terlihat marah. Lalu dia mendatangi Abu Bakar seraya berkata, Wahai Abu Bakar, bukankah kita di atas yg hak & mereka dalam kebathilan. Dia menjawab, Ya, benar. Umar bertanya, Tidakkah jika kita terbunuh, maka kita akan masuk surga, sedangkan jika mereka yg terbunuh, maka mereka akan masuk neraka?
Abu Bakar menjawab, Ya, benar. Umar bertanya lagi, Mengapakah kita harus mengalah mengenai agama kita, & pulang begitu saja?
Padahal Allah belum memberikan keputusan apa-apa antara kita dgn mereka?
Maka Abu Bakar berkata, Wahai Ibnul Khattab, sesungguhnya beliau adl Rasulullah, & sekali-kali Allah tak akan menyia-nyiakan beliau selama-lamanya. Suhail berkata, Maka turunlah ayat Al Qur'an kepada Rasulullah, yaitu surat Al Fath. Maka beliau menyuruh seseorang untuk membacakan kepada Umar, lantas dia bertanya, Wahai Rasulullah, apakah itu yg dimaksud dgn kemenangan?
beliau bersabda:
Ya, benar. Barulah dia bertaubat & kembali. [HR. Muslim No.3338].
Hadits Muslim 3339
حَدَّثَنَا
أَبُو كُرَيْبٍ مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ وَمُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ
اللَّهِ بْنِ نُمَيْرٍ قَالَا حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ
الْأَعْمَشِ عَنْ شَقِيقٍ قَالَ سَمِعْتُ سَهْلَ بْنَ حُنَيْفٍ يَقُولُا
بِصِفِّينَ أَيُّهَا النَّاسُ اتَّهِمُوا رَأْيَكُمْ
وَاللَّهِ لَقَدْ رَأَيْتُنِي يَوْمَ أَبِي جَنْدَلٍ وَلَوْ أَنِّي
أَسْتَطِيعُ أَنْ أَرُدَّ أَمْرَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ لَرَدَدْتُهُ وَاللَّهِ مَا وَضَعْنَا سُيُوفَنَا عَلَى
عَوَاتِقِنَا إِلَى أَمْرٍ قَطُّ إِلَّا أَسْهَلْنَ بِنَا إِلَى أَمْرٍ
نَعْرِفُهُ إِلَّا أَمْرَكُمْ هَذَا لَمْ يَذْكُرْ ابْنُ نُمَيْرٍ إِلَى
أَمْرٍ قَطُّ
و حَدَّثَنَاه عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَإِسْحَقُ جَمِيعًا عَنْ
جَرِيرٍ ح و حَدَّثَنِي أَبُو سَعِيدٍ الْأَشَجُّ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ
كِلَاهُمَا عَنْ الْأَعْمَشِ بِهَذَا الْإِسْنَادِ وَفِي حَدِيثِهِمَا
إِلَى أَمْرٍ يُفْظِعُنَا
demi Allah, aku telah mengalami
sendiri ketika peristiwa Abu Jandal, sekiranya aku mampu menolak
perintah Rasulullah , sungguh aku akan menolaknya (untuk tak berperang).
Demi Allah, ketika itu kami tak melakukan peperangan sedikitpun,
melainkan Allah memudahkan urusan kami, sangat berbeda dgn peristiwa
kalian saat ini! Ibnu Numair tak menyebutkan, Hingga suatu perkara yg
mengkhawatirkan. Dan telah menceritakan kepada kami Utsman bin Abu
Syaibah & Ishaq semuanya dari Jarir. Dan telah diriwayatkan dari
jalur lain, telah menceritakan kepadaku Abu Sa'id Al Asyaj telah
menceritakan kepada kami Waki' keduanya dari Al A'masy dgn isnad in,
& dalam hadits keduanya di sebutkan, Sampai kepada peristiwa yg
menagerikan. [HR. Muslim No.3339].Hadits Muslim 3340
و
حَدَّثَنِي إِبْرَاهِيمُ بْنُ سَعِيدٍ الْجَوْهَرِيُّ حَدَّثَنَا أَبُو
أُسَامَةَ عَنْ مَالِكِ بْنِ مِغْوَلٍ عَنْ أَبِي حَصِينٍ عَنْ أَبِي
وَائِلٍ قَالَ سَمِعْتُ سَهْلَ بْنَ حُنَيْفٍ بِصِفِّينَ يَقُولُا
اتَّهِمُوا رَأْيَكُمْ عَلَى دِينِكُمْ
فَلَقَدْ رَأَيْتُنِي يَوْمَ أَبِي جَنْدَلٍ وَلَوْ أَسْتَطِيعُ أَنْ
أَرُدَّ أَمْرَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا
فَتَحْنَا مِنْهُ فِي خُصْمٍ إِلَّا انْفَجَرَ عَلَيْنَا مِنْهُ خُصْمٌ
sungguh
aku pernah melihat peristiwa Abu Jandal, sekiranya aku mampu menolak
perintah Rasulullah , niscaya kami tak akan diberi jalan keluar dalam
permusuhan tersebut, melainkan permusuhan tersebut senantiasa masih ada.
[HR. Muslim No.3340].Hadits Muslim 3341
و
حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ الْجَهْضَمِيُّ حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ
الْحَارِثِ حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ أَبِي عَرُوبَةَ عَنْ قَتَادَةَ أَنَّ
أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ حَدَّثَهُمْ قَالَ
لَمَّا نَزَلَتْ
{ إِنَّا فَتَحْنَا لَكَ فَتْحًا مُبِينًا لِيَغْفِرَ لَكَ اللَّهُ إِلَى
قَوْلِهِ فَوْزًا عَظِيمًا }
مَرْجِعَهُ مِنْ الْحُدَيْبِيَةِ وَهُمْ يُخَالِطُهُمْ الْحُزْنُ
وَالْكَآبَةُ وَقَدْ نَحَرَ الْهَدْيَ بِالْحُدَيْبِيَةِ فَقَالَ لَقَدْ
أُنْزِلَتْ عَلَيَّ آيَةٌ هِيَ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ الدُّنْيَا جَمِيعًا
و حَدَّثَنَا عَاصِمُ بْنُ النَّضْرِ التَّيْمِيُّ حَدَّثَنَا مُعْتَمِرٌ
قَالَ سَمِعْتُ أَبِي حَدَّثَنَا قَتَادَةُ قَالَ سَمِعْتُ أَنَسَ بْنَ
مَالِكٍ ح و حَدَّثَنَا ابْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ
حَدَّثَنَا هَمَّامٌ ح و حَدَّثَنَا عَبْدُ بْنُ حُمَيْدٍ حَدَّثَنَا
يُونُسُ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا شَيْبَانُ جَمِيعًا عَنْ قَتَادَةَ عَنْ
أَنَسٍ نَحْوَ حَدِيثِ ابْنِ أَبِي عَرُوبَةَ
Sungguh telah
turun kepadaku suatu ayat yg lebih aku cintai daripada dunia &
isinya. Dan telah menceritakan kepada kami 'Ashim bin An Nadlr At Taimi
telah menceritakan kepada kami Mu'tamir dia berkata; aku mendengar
ayahku telah menceritakan kepada kami Qatadah dia berkata; aku pernah
mendengar Anas bin Malik. (dalam jalur lain disebutkan) Telah
menceritakan kepada kami Ibnu Al Mutsanna telah menceritakan kepada kami
Abu Daud telah menceritakan kepada kami Hammam (dalam jalur lain
disebutkan) telah menceritakan kepada kami Abd bin Humaid telah
menceritakan kepada kami Yunus bin Muhammad telah menceritakan kepada
kami Syaiban semuanya dari Qatadah dari Anas sebagaimana hadits Ibnu Abu
'Arubah. [HR. Muslim No.3341].Jihad dan Ekspedisi
- Bolehnya Menyerbu Musuh yang Sudah Mendapatkan Dakwah
- Pemimpin Memilih Amir-amir Kecil untuk Memimpin Sebuah Ekspedisi
- Perintah untuk Memberi Kemudahan dan Tidak Membuat Orang Menjadi Lari
- Larangan untuk Berbuat Khianat
- Bolehnya Tipuan Dalam Peperangan
- Makruhnya Berharap untuk Bertemu Musuh dan Perintah untuk Sabar
- Sunahnya Doa untuk Mendapatan Kemenangan Saat Berjumpa Dengan Musuh
- Haramnya Membunuh Wanita dan Anak-anak Dalam Perang
- Bolehnya Membunuh Wanita dan Anak-anak Dalam Penyergapan Malam Hari
- Bolehnya Memotong dan Membakar Pepohonan Orang Kafir
- Halalnya Ghanimah untuk Umat Ini
- Al Anfal
- Pembunuh Boleh Mengambil Harta Orang yang Dibunuhnya
- Pemberian Bonus di Luar Harta Ghanimah dan Penebusan Kaum Muslimin yang Tertawan
- Hukum Fai`
- Sabda Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam, Kami Tidak Mewariskan,
- Cara Pembagian Harta Ghanimah di Antara Orang yang Hadir
- Malaikat Diutus untuk Membantu Dalam Perang Badar
- Bolehnya Mengikat dan Menawan Musuh
- Mengeluarkan Yahudi Dari Hijaj
- Mengeluarkan Orang-orang Yahudi Dari Jazirah Arab
- Bolehnya Membunuh Orang yang Melanggar Perjanjian
- Menyegerakan Peperangan
- Orang-orang Muhajirin Mengembalikan Pemberian Kepada Orang-orang Anshar Setelah Terjadinya Pembukaan Kota Makkah
- Bolehnya Memakan Dari Makanan Hasil Ghanimah di Wilayah Orang Kafir
- Surat Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam Kepada Hiraclius
- Surat Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam Kepada Penguasa-penguasa Kafir
- Peperangan Hunain
- Peperangan Thaif
- Peperangan Badar
- Penaklukan Makkah
- Memasukkan Jari Ke Telinga Saat Adzan
- Sabda Nabi, Sungguh Aku Mendengar, Shalat (Sholat dengar bayi Nangis)
http://www.mutiarahadits.com/83/64/76/perjanjian-hudaibiyah.htm
Ensiklopedia Islam
- Keutamaan Memberi Minum Hewan yang Diharamkan, Salam
- Meminta Dengan Menyebuat Atas Nama Wajah Allah, Zakat
- Meminta Izin Kepada Imam, Jihad dan Penjelajahan
- Laits Berkata Yunus Telah Menceritakan Kepadaku Dari Ibnu Syihab,, Peperangan
- Shalat Diatas Hewan Tunggangan di Lumpur dan Saat Hujan, Shalat
- Doa Ketika Hujan Lebat Terus Menerus, Ya Allah, Turunkanlah di Sekitar Kami Saja dan Jangan Sampai Menimbulkan Bencana Kepada Kami…, Jumat
- Haramnya Berobat Dengan Khamer, Minuman
- Sahnya Pengakuan Atas Perbuatan Pembunuhan,, Qusamah, Pemberontak, Qishah dan Diyat
- Tempat di Barisan yang Disunnahkan, Keimaman
- Bidang Keislaman Apa Paling Utama Afdhal,, Iman dan Syareatnya
- Nafl, Ekspedisi
- Firman Allah dan Jadikanlah Sebagian Dari Maqam Ibrahim Sebagai Tempat Shalat, Shalat
- Sabda Nabi, Sungguh Aku Mendengar, Shalat
- Orang yang Beriktikaf di Masjid Dikunjungi oleh Keluarganya, Puasa
- Lanjutan Musnad yang Lalu, Sisa Musnad Sahabat Anshar
- Hadits Hausyab Seorang Sahabat Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam, Musnad Penduduk Makkah
- Menggunakan Sapu Tangan Setelah Wudhu, Bersuci
- Surat Al Anaam Ayat 90, Tafsir Al Qur`an
- Surat An Najm Ayat 20, Tafsir Al Qur`an
- Hadits Ummu Aiman Radliyallahu Anha, Musnad Dari Beberapa Kabilah
- Hukuman adalah Kaffarat Dosa, Hukum Hudud
- Larangan untuk Menganggap Jijik Curiga, Pada Makanan, Makanan
- Menangis Saat Shalat, Sahwi Lupa,
- Keutamaan Alfatihah, Keutamaan Al Qur`an
- Di Rumah Setiap Anshar Terdapat Kebaikan, Budi Pekerti yang Terpuji
Tidak ada komentar:
Posting Komentar