Minggu, 27 April 2014

Do'a dan sedekah buat Mayit



Sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

إذا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ إِلَّا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Bila anak Adam meninggal maka amalnya terputus kecuali dari tiga hal: shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakannya.”

Kita perlu mencermati Kriteria ANAK SHOLEH itu Diukur Dari mana.
Semua Umat Islam pada dasarnya Juga Adalah anak anak Bagi Orang Tuanya. artinya manakala Ia Punya Orang Tua Maka Ia sendiri Ada Dalam posisi sebagai ANak.
ANDA WALAUPUN SUDAH TUA TETAP SAJA ANAK BAGI ORANG TUA ANDA TOH ??
Nah.. Jika Kita mau Turuti Dalil Wahabi salafi maka SILAHKAN SAJA ANDA SEMUA MENDOKAN ORANGTUA ANDA.. SANAK SAUDARA ANDA.. DAN KAUM MUSLIMIN DAN MUSLIMAT TERDAHULU.Karna Tentunya anda Tidak mungkin mau Dicap BUKAN ANAK YANG SHOLEH toh ??

Hadits Diatas kelihatannya sedarhana namun maknanya Amat Luas..karnapada akhirnya mau tak mau.. Siapa saja yang mengaku Muslim pasti Mendokan Sesamanya.
NALAR ???

Karna itu Jangan Berpikir sempit tentang TIDAK SAMPAINYA DOA.karna Kalian semua termasuk saya adalah Anak Anak (Tidak bakal Lahir tanpa Orangtua).
Maka Mari Kita Berdoa bagi keluarga yang telah Tiada.karna anda sebagai anak anak tentu doanya sampai jika nuruti dalil wahabi salafi hehehehe..

Telah shahih bahwa seseorang berkata:

يَا رَسُوْلَ اللهِ، إِنَّ أُمِّي مَاتَتْ وَلَمْ ْتُوْصِ وَأَظُنُّهَا لَوْ تَكَلَّمَتْ لَتَصَدَّقَتْ، أَفَلَهَا أَجْرٌ إِنْ تَصَدَّقْتُ عَنْهَا؟ قَالَ: نَعَمْ.

“Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibuku meninggal dan belum sempat berwasiat, dan aku kira kalau dia sempat bicara ia akan bersedekah, apakah dia dapat pahala jika aku bersedekah atas namanya?” Beliau menjawab: “Ya.” (Muttafaqun ‘alaih).

Saya mau sedikit cerita lelucon neh..
Setiap kali saya berdoa bagi orang tua saya.. sanak pamili.. tetangga yang telah tiada.. saat Kumpul berdoa bersama,zikir..(tahlil).. Belum pernah Ada kabar malaikat Jibril mengabarkan Doa kami tidak sampai dengan berkata ' MAAP.. DOA ANDA SALAH ALAMAT dan Ini Saya kembalikan "

Artinya.. Ibarat Kirim surat..kagak ada surat kembali.nah sampai toh ?? hehehehe..Peace.

 Sabda Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam :

عَنْ الْأَغَرِّ أَبِي مُسْلِمٍ أَنَّهُ قَالَ أَشْهَدُ عَلَى أَبِي هُرَيْرَةَ وَأَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ أَنَّهُمَا شَهِدَا عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ لَا يَقْعُدُ قَوْمٌ يَذْكُرُونَ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ إِلَّا حَفَّتْهُمْ الْمَلَائِكَةُ وَغَشِيَتْهُمْ الرَّحْمَةُ وَنَزَلَتْ عَلَيْهِمْ السَّكِينَةُ وَذَكَرَهُمْ اللهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ

Artinya :
Dari Al Aghorr Abi Muslim, ia berkata ; Aku menyaksikan Abu Huroiroh dan Abu Sa’id Al Khudzri, keduanya menyaksikan bahwa Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda : “Tidaklah berkumpul suatu kaum sambil berdzikir kepada Alloh melainkan para malaikat mengelilingi mereka, rahmat tercurah pada mereka, ketenangan turun atas mereka, dan Alloh memuji mereka dihadapan makhluk yang ada di sisi-Nya. (HR. Muslim sanad Sahih )

Terkait : 

 BERDOA kepada Mayat ?? SAMPAIKAH ??
APAKAH SEKALI TAHLILAN UNTUK 2 AHLI KUBUR MENDAPAT...
DEBAT IDRUS RAMLI VS FIRANDA SOAL TAHLILANTabur bunga di kubur
FAEDAH IKATAN PADA KAIN KAFAN
T A L Q I N
Mayat Remuk / Hancur dan Korban Mutilasi Wajibkah ...
Apa arti tawasul dengan walinya Allah?
Dari Tahlilan hingga Ka'bah Jahiliyah yang Dibiark...
Hadiah Fatihah
HUKUM MENDO'AKAN KEBURUKAN ORANG YANG TELAH MENDZO...
Golongan mati syahit
HADIAH SHALAWAT BAGI AHLI KUBUR
Tabur bunga di kubur

Berita Terkait

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar