Apakah Makmum Ikut Mengangkat Tangan dan Mengamini Imam Qunut Shubuh?
by adminC
January 5, 2010
Apakah Makmum Ikut Mengangkat Tangan dan Mengamini Imam Qunut Shubuh?
Tanya:
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, ustadz, ana mau bertanya
ketika kita bermakmum kepada imam yang berqunut shubuh apakah harus ikut
atau diam (tidak mengangkat tangan)? Karena yang ana tahu qunut shubuh dalilnya dhaif. Mohon penjelasannya. Jazakallahu khair.
(Abu Nabilah)
Jawab:
Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.
Qunut shubuh termasuk perkara khilafiyyah, dan yang rajih bahwasanya
amalan ini tidak disyariatkan karena tidak memiliki dalil yang shahih.
Namun apabila imam berqunut shubuh maka hendaklah makmum mengikutinya,
mengangkat kedua tangan dan mengamininya, karena Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam bersabda:
إنما جعل الإمام ليؤتم به
“Sesungguhnya imam itu diangkat untuk diikuti.” (HR.Al-Bukhari dan Muslim).
Beliau shallallhu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:
يصلون لكم فإن أصابوا فلكم وإن أخطؤوا فلكم وعليهم
“Mereka (imam-imam) tersebut sholat untuk kalian, kalau mereka benar
maka kalian mendapat pahala, dan kalau mereka bersalah maka kalian
mendapat pahala dan mereka menanggung kesalahannya.” (HR. Al-Bukhary)
Imam Abu Dawud menyebutkan sebuah atsar dimana ‘Utsman radhiyallahu
‘anhu sholat di Mina 4 rakaat dengan ijtihad beliau, maka Abdullah bin
Mas’ud berkata: “Aku sholat bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
(di Mina) 2 rakaat, dan bersama Abu Bakar 2 rakaat, dan bersama Umar 2
rakaat ” yaitu dengan mengqashar sholat 4 rakaat.
Akan tetapi
ketika beliau sholat di belakang ‘Utsman beliau sholat 4 rakaat, maka
beliau ditanya, kenapa melakukan demikian? Maka beliau menjawab:
Perbedaan itu jelek.” (Diriwayatkan oleh Abu Dawud di dalam Sunannya
1/602 no: 1960)
Syeikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata:
وكذلك إذا اقتدى المأموم بمن يقنت في الفجر أو الوتر قنت معه سواء قنت قبل
الركوغ أو بعده وإن كان لا يقنت لم يقنت معه ولو كان الإمام يرى استحباب
شيء والمأمومون لا يستحبونه فتركه لأجل الاتفاق والائتلاف : كان قد أحسن
“Dan demikian pula jika makmum di belakang imam yang berqunut shubuh
atau witir maka dia juga berqunut, sama saja apakah qunutnya sebelum
ruku’ atau setelahnya, kalau imam tidak berqunut maka makmum juga tidak
berqunut, dan seandainya imam berpendapat mustahabnya sebuah amalan, dan
makmum tidak berpendapat demikian maka jika imam meninggalkan amalan
tersebut untuk mewujudkan kesepakatan dan kerukunan sungguh dia telah
berbuat baik.” (Majmu Al-Fatawa 22/267-268).
Beliau juga berkata:
ولهذا ينبغى للمأموم أن يتبع إمامه فيما يسوغ فيه الاجتهاد فاذا قنت قنت معه وإن ترك القنوت لم يقنت
“Oleh karena itu seyogyanya bagi seorang makmum mengikuti imam di dalam
perkara yang boleh di dalamnya berijtihad, kalau imam qunut maka dia
qunut, kalau imam meninggalkan qunut maka dia tidak qunut.” (Majmu
Al-Fatawa 23/115)
Syeikh Al-Utsaimin rahimahullah juga pernah ditanya permasalahan ini maka beliau mengatakan:
ثم إذا كان الإنسان مأموماً هل يتابع هذا الإمام فيرفع يديه ويؤمن معه، أم يرسل يديه على جنبيه؟
والجواب على ذلك أن نقول: بل يؤمن على دعاء الإمام ويرفع يديه تبعاً
للإمام خوفاً من المخالفة. وقد نص الإمام أحمد – رحمه الله – على أن الرجل
إذا ائتم برجل يقنت في صلاة الفجر، فإنه يتابعه ويؤمن على دعائه، مع أن
الإمام أحمد – رحمه الله – لا يرى مشروعية القنوت في صلاة الفجر في المشهور
عنه، لكنه – رحمه الله – رخص في ذلك؛ أي في متابعة الإمام الذي يقنت في
صلاة الفجر خوفاً من الخلاف الذي قد يحدث معه اختلاف القلوب
“Kemudian apabila seseorang menjadi makmum apakah mengikuti imam dan
mengangkat tangan serta mengamini atau melepas kedua tangannya ke
samping? Jawabannya kita katakan: Hendaknya makmum mengamini doa imam
dan mengangkat tangan untuk mengikuti imam, karena ditakutkan (kalau
tidak mengikuti ) ini termasuk penyelisihan terhadap imam. Imam Ahmad
rahimahullahu telah menegaskan bahwa seseorang jika bermakmum kepada
seseorang yang melakukan qunut shubuh maka hendaklah mengikutinya dan
mengamini doanya, padahal Imam Ahmad rahimahullah dikenal termasuk orang
yang berpendapat tidak disyariatkannya qunut ketika sholat shubuh, akan
tetapi beliau memberi keringanan dalam hal ini, yaitu dalam masalah
mengikuti imam yang berqunut shubuh karena takut perselisihan yang
akhirnya terjadi perselihan diantara hati.” (Majmu Fatawa wa Rasail
Syeikh Muhammad Al-Utsaimin 14/133)
Wallahu a’lam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar