Pertanyaan
Bagaimanakah sebenarnya kejelasan hukum shalat sunat taraweh sebelum habis mengkadha shalat wajib?
Jawaban:
Sebenarnya masalah ini kembali kepada masalah meninggalkan shalat, apakah wajib di kadha secara segera atau tidak. Rincian hukum orang yang meninggalkan shalat adalah:
- Bila di tinggalkan karena adanya ozor maka tidak wajib di kadha dengan segera, tetapi sunat hukumnya untuk segera mengkadhanya. Maka di bolehkan baginya mengerjakan hal-hal lain yang tidak wajib.
- Bila di tinggalkan tanpa ozor maka wajib segera di kadha dengan segera, dan haram menggunakan waktu untuk hal-hal yang lain selain mengkadha shalat fadhu tersebut termasuk juga untuk mengerjakan perbuatan-perbuatan sunat kecuali untuk keperluan-keperluan yang tidak boleh ditinggalkan seperti makan, minum dll.
Dari rincian tersebut dapat di ketahui hukum melaksanakan shalat sunat bagi orang yang belum habis mengakadha shalat fardhunya. Bila shalat fardhu tersebut di tinggalkan tanpa ozor maka wajib terhadapnya mempergunakan segenap waktu untuk mengkadha shalat tersebut, tidak boleh mengerjakan hal-hal lain walaupun perbuatan tersebut sunat termasuk juga shalat taraweh. Namun demikian shalat sunat yang ia kerjakan tersebut tetap sah.
Adapun kesimpulan yang di ambil oleh sebagian kalangan yang meninggalkan taraweh kemudian duduk-duduk menghabiskan waktu dengan alasan karena mereka tidak boleh melakukan shalat taraweh merupakan kesimpulan yang keliru, karena yang haram bagi mereka bukanlah diri shalat taraweh tetapi yang haram adalah mempergunakan waktu untuk selain mengkadha shalat fardhu yang ia tinggalkan secara sengaja, termasuk juga yang haram adalah perbuatan mereka duduk-duduk nongkrong menghabiskan waktu.
Referensi:
1. Tuhfatul Muhtaj dan Hasyiah Syarwani jilid 1 hal 469 Cet. Dar Fikr
ويجب تقديم ما فات بغير عذر على ما فات
بعذر وإن فقد الترتيب؛ لأنه سنة، والبدار واجب ومن ثم وجب تقديمه على
الحاضرة إن اتسع وقتها، بل لا يجوز كما هو ظاهر لمن عليه فائتة بغير عذر أن
يصرف زمنا لغير قضائها كالتطوع إلا ما يضطر إليه لنحو نوم، أو مؤنة من
تلزمه مؤنته، أو لفعل واجب آخر مضيق يخشى فوته
قوله: كالتطوع) أي: يأثم به مع الصحة خلافا للزركشي كردي
2. Hasyiah Bujairimiy ‘ala Khatib jilid 1 hal 405 Cet. Dar Fikr Cet
ومن غير العذر أن تفوته الصلاة في مرضه
فيجب عليه قضاؤها فورا بأن يشتغل جميع الزمن بقضائها ما عدا ما يضطر إليه
من أكل وشرب ومؤن ممونه، بل يحرم فعل التطوع ما دامت في ذمته فتجب المبادرة
ولو على حاضرة إن اتسع وقتها، بل لا يجوز كما هو ظاهر لمن عليه فوائت بغير
عذر أن يصرف زمنا لغير قضائها كالتطوع إلا ما يضطر إليه لنحو نوم أو مئونة
أو لفعل واجب مضيق يخشى فوته اهـ تحفة
3. Al-Fiqh ‘ala Mazahibil Arba’ah jilid 1 hal 370 Cet. Dar Hadits thn 2004
قضاء الصلاة المفروضة التي فاتت واجب على
الفور سواء فاتت بعذر غير مسقط لها أو فاتت بغير عذر أصلا باتفاق ثلاثة من
الأئمة … ولا يجوز تأخير القضاء إلا لعذر كالسعي لتحصيل الرزق وتحصيل العلم
الواجب عليه وجوبا عينيا وكالأكل والنوم ولا يرتفع الإثم بمجرد القضاء بل
لا بد من التوبة كما لا ترتفع الصلاة بالتوبة بل لا بد من القضاء لأن من
شروط التوبة الإقلاع عن الذنب والتائب بدون قضاء غير مقلع عن ذنبه ومما
ينافي القضاء فورا الاشتغال بصلاة النوافل على تفصيل في المذاهب…
الشافعية قالوا : يحرم على من عليه فوائت يجب عليه قضاؤها فورا -وقد تقدم ما يجب فيه الفور - أن يشتغل بصلاة التطوع مطلقا سواء كانت راتبة أو غيرها حتى تبرأ ذمته من الفوائت
الشافعية قالوا : يحرم على من عليه فوائت يجب عليه قضاؤها فورا -وقد تقدم ما يجب فيه الفور - أن يشتغل بصلاة التطوع مطلقا سواء كانت راتبة أو غيرها حتى تبرأ ذمته من الفوائت
Tidak ada komentar:
Posting Komentar