BERIKUT
SEDIKIT KETERANGAN HUKUM ZIARAH KUBUR BAGI PRIA WANITA SERTA DILAKUKAN
DIHARI-HARI TERTENTU SEPERTI HARI KAMIS, JUMAT DAN SABTU
قال الشيخ
عبد المعطي السقا في ( الارشادات السنية ) ص 111 : زيارة قبور المسلمين
مندوبة للرجال لخبر مسلم : كنت نهيتكم عن زيارة القبور فزوروها فإنها
تذكركم الآخرة : أما زيارة النساء فمكروهة إن كانت لقبر غير نبي وعالم و
صالح وقريب ، أما زيارة القبر النبي ومن ذكر معه فمندوبة لهن بدون محرم إن
كانت القبور داخل البلد ، ومع محرم إن
كانت خارجة ، ومحل ندب زيارتهن أو كراهتها إذا أذن لهن الحليل أو الولي
وأمنت الفتنة ولم يترتب على اجتماعهن مفسدة كما هو الغالب ، بل المحقق في
هذا الزمان ، وإلا فلا ريبة في تحريمها.
ويستحب الاكثار من الزيارة
لتحصيل الاعتبار والعظة وتذكر الآخرة ، وتتأكد الزيارة عشية يوم الخميس
ويوم الجمعة بتمامه وبكرة يوم السبت.
Berkata as-Syaikh ‘Abdul Mu’thi
as-Saqaa dalam kitab al-Irsyaadaat as-Sunniyah “Berziarah dikuburan
orang-orang muslim disunahkan bagi para pria berdasarkan hadits riwayat
Muslim “Aku (dulu) melarang kalian berziarah kubur, (sekarang)
berziarahlah karena ia mengingatkan kalian pada akhirat”
Sedang bagi
para wanita ziarah kubur hukumnya makruh bila bukan kuburan nabi,orang
alim, orang shalih atupun kerabat, sedang menziarahi kuburan nabi dan
orang yang telah disebutkan sunah baginya bila kuburannya masih dalam
satu daerah atau diluar daerah saat ia bersama mahramnya.
Kesunahan
ziarah baginya dengan ketentuan seizin suaminya atau walinya, aman dari
fitnah dan dalam perkumpulannya tidak menimbulkan kerusakan seperti pada
umumnya bahkan yang menjadi kenyataan dizaman ini, bila tidak demikian
maka keharaman ziarah baginya tidak dapat disangsikan.
Disunahkan memperbanyak ziarah dengan tujuan supaya dapat mengambil pertimbangan, peringatan serta teringat kehidupan akhirat.
Kesunahan ziarah menjadi mauakad dihari kamis sore dan hari jumat dan makruh dihari sabtu”
al-Irsyaadaat as-Sunniyah hal. 111
_________________________________
زيارة القبور مندوبة للاتعاظ وتذكر الآخرة وتتأكد يوم الجمعة ويوما قبلها
ويوما بعدها عند الحنفية والمالكية وخالف الحنابلة والشافعية فانظر
مذهبيهما تحت الخط ( الحنابلة قالوا : لا تتأكد الزيارة في يوم دون يوم
الشافعية قالوا : تتأكد من عصر يوم الخميس إلى طلوع شمس يوم السبت . وهذا قول راجح عند المالكية
Ziarah kubur disunahkan agar dapat mengambil pertimbangan, peringatan
serta teringat kehidupan akhirat, kesunahannya menjadi mauakad dihari
hari jumat dan hari sebelumnya (kamis) serta hari setelahnya menurut
kalangan Hanafiyah dan Malikiyyah berbeda menurut kalangan Hanabilah
yang menyatakan “ziarah tidak muakad, tidak dihari tertentu juga hari
lainnya” dan kalangan Syafi’iyyah yang menyatakan “Menjadi sunah yang
muakkad mulai asharnya hari kamis hingga terbitnya matahari dihari
sabtu” dan pernyataan ini sesuai pendapat yang unggul dikalangan
Malikiyyah.
Al-Fiqh ala Madzaahib al-Arbaah I/855
Wallaahu ‘A’lamu Bis Showaab
Tidak ada komentar:
Posting Komentar