Hadis Nabi
عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ طَعَامًا فَلَا يَمْسَحْ يَدَهُ حَتَّى يَلْعَقَهَا أَوْ يُلْعِقَهَا
Dari Ibnu Abbas radliyallahu anhuma bahwasanya Rasululloh Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,
" Apabila seseorang di antara kalian makan, maka janganlah dia membersihkan tangannya sehinggalah dia menjilatnya atau menjilatkannya (kepada orang lain)”.
HR. Muslim
dalam riwayat yg lainnya " adalah Rasululloh shollallohu alaihi wasallam makan dengan tiga jari dan menjilat jarinya sebelum memnersihkannya"
dalam riwayat yg lain " Rasul makan dengan tiga jari ketika telah selesai beliau menjilatnya"
dalam riwayat yg lain beliau ,e,erintahlan menjilat jari dan piring setelah makan dan bersabda " sesungguhnya kalian tdk mengetahui dimanakah barokahnya (makanan) "
dalam riwayat yg lain " jika suapan kalian jatuh maka ambillah dan buanglah yg kotor kemudian makanlah dan jangan kau sisakan utk setan, janganlah membersihkan tangan dengan sapu tangan sebelum menjilat jari2nya karena tidak diketahui di makanan yg manakah barokahnya "
dan riwayat2 yg lainya.
dalam hadis2 diatas terdapat bermacam2 kesunahan makan diantaranya :
- menjilat jemari setelah makan utk menjaga berkahnya makanan dan membersihkan jari.
- makan dengan 3 jari dan tdk menggunakan lima jari kecuali jika udzur misalnya makananya berkuah atau makanan yg tdk bisa dimakan dgn 3 jari.
- menjilat pirirng setelah makan.
- memakan suapan yg telah jatuh stelah dibersihkan kotorannya, ini jk tdk terjatuh ke tempat najis, jk spt itu maka makanan menjadi najis dan wajib mencucinya jk mungkin, jk tak mungkin maka diberikan kpd hewan saja dan jangan ditinggalkan utk syetan.
dalam hadis juga menerangkan ttg setan yg juga makan
- boleh membersihkan tangan dengan serbet tetapi yg sunnah adalah setelah menjilat jemari2nya.
sedangkan makna sabda Rasululloh " dia menjilatnya atau menjilatkannya (kepada orang lain)” adalah janganlan membersihkan tangan sebelum menjilatnya , jk tidak dilakukan maka janganlah membersihkan sebelum menjilatkannya ke orang lain yaitu orang2 yg tdk merasa jijik dengan hal itu misalnya istri, budak perempuan, anak dan para pembantu yg menyukainya serta merasa nikmat dgn hal tsb , begitu juga dengan orang2 yg semakna dengan mereka misalnya murid yg mengharapkan barokah dengan menjilatnya, begitu juga jika menjilatkannya pada kambing dan semisalnya.
- Referensi kitab syarah nawawi ala muslim
شرح النووي على مسلم
باب استحباب لعق الأصابع والقصعة وأكل اللقمة الساقطة بعد مسح ما يصيبها من أذى وكراهة مسح اليد قبل لعقها .
فيه : قوله صلى الله عليه وسلم : ( إذا أكل أحدكم طعاما فلا يمسح يده حتى يلعقها أو يلعقها ) وفي الرواية الأخرى : كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يأكل بثلاث أصابع ، ويلعق يده قبل أن يمسحها ) وفي رواية : ( يأكل بثلاث أصابع فإذا فرغ لعقها ) وفي رواية ( أن النبي صلى الله عليه وسلم أمر بلعق الأصابع والصحفة وقال : إنكم لا تدرون في أيه البركة ) وفي رواية : ( إذا وقعت لقمة أحدكم فليأخذها ، فليمط ما كان بها من أذى ، وليأكلها ولا يدعها للشيطان ولا يمسح يده بالمنديل حتى يلعق أصابعه فإنه لا يدري في أي طعامه البركة ) وفي رواية : ( إن الشيطان يحضر أحدكم عند كل شيء من شأنه ، حتى يحضره عند طعامه فإذا سقطت من أحدكم اللقمة فليمط . . . . وذكر نحو ما سبق ) وفي رواية : ( وأمرنا أن نسلت القصعة ) وفي رواية : ( وليسلت أحدكم الصفحة ) .
في هذه الأحاديث أنواع من سنن الأكل ، منها استحباب لعق اليد محافظة على بركة الطعام وتنظيفا لها ، واستحباب الأكل بثلاث أصابع ، ولا يضم إليها الرابعة والخامسة إلا لعذر ؛ بأن يكون مرقا وغيره مما لا يمكن بثلاث ، وغير ذلك من الأعذار ، واستحباب لعق القصعة وغيرها ، واستحباب أكل اللقمة الساقطة بعد مسح أذى يصيبها ، هذا إذا لم تقع على موضع نجس ، فإن وقعت على موضع نجس تنجست ، ولا بد من غسلها إن أمكن ، فإن تعذر أطعمها حيوانا ولا يتركها للشيطان .
ومنها إثبات الشياطين ، وأنهم يأكلون ، وقد تقدم قريبا إيضاح هذا ، ومنها جواز مسح اليد بالمنديل ، لكن السنة أن يكون بعد لعقها .
وقوله صلى الله عليه وسلم : ( يلعقها أو يلعقها ) معناه - والله أعلم - لا يمسح يده حتى يلعقها ، فإن لم يفعل فحتى يلعقها غيره ممن لا يتقذر ذلك كزوجة وجارية وولد وخادم يحبونه ويلتذون بذلك ولا يتقذرون ، وكذا من كان في معناهم كتلميذ يعتقد بركته ويود التبرك بلعقها ، وكذا لو ألعقها شاة ونحوها . والله أعلم .
wallohu a'lam.
عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ طَعَامًا فَلَا يَمْسَحْ يَدَهُ حَتَّى يَلْعَقَهَا أَوْ يُلْعِقَهَا
Dari Ibnu Abbas radliyallahu anhuma bahwasanya Rasululloh Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,
" Apabila seseorang di antara kalian makan, maka janganlah dia membersihkan tangannya sehinggalah dia menjilatnya atau menjilatkannya (kepada orang lain)”.
HR. Muslim
dalam riwayat yg lainnya " adalah Rasululloh shollallohu alaihi wasallam makan dengan tiga jari dan menjilat jarinya sebelum memnersihkannya"
dalam riwayat yg lain " Rasul makan dengan tiga jari ketika telah selesai beliau menjilatnya"
dalam riwayat yg lain beliau ,e,erintahlan menjilat jari dan piring setelah makan dan bersabda " sesungguhnya kalian tdk mengetahui dimanakah barokahnya (makanan) "
dalam riwayat yg lain " jika suapan kalian jatuh maka ambillah dan buanglah yg kotor kemudian makanlah dan jangan kau sisakan utk setan, janganlah membersihkan tangan dengan sapu tangan sebelum menjilat jari2nya karena tidak diketahui di makanan yg manakah barokahnya "
dan riwayat2 yg lainya.
dalam hadis2 diatas terdapat bermacam2 kesunahan makan diantaranya :
- menjilat jemari setelah makan utk menjaga berkahnya makanan dan membersihkan jari.
- makan dengan 3 jari dan tdk menggunakan lima jari kecuali jika udzur misalnya makananya berkuah atau makanan yg tdk bisa dimakan dgn 3 jari.
- menjilat pirirng setelah makan.
- memakan suapan yg telah jatuh stelah dibersihkan kotorannya, ini jk tdk terjatuh ke tempat najis, jk spt itu maka makanan menjadi najis dan wajib mencucinya jk mungkin, jk tak mungkin maka diberikan kpd hewan saja dan jangan ditinggalkan utk syetan.
dalam hadis juga menerangkan ttg setan yg juga makan
- boleh membersihkan tangan dengan serbet tetapi yg sunnah adalah setelah menjilat jemari2nya.
sedangkan makna sabda Rasululloh " dia menjilatnya atau menjilatkannya (kepada orang lain)” adalah janganlan membersihkan tangan sebelum menjilatnya , jk tidak dilakukan maka janganlah membersihkan sebelum menjilatkannya ke orang lain yaitu orang2 yg tdk merasa jijik dengan hal itu misalnya istri, budak perempuan, anak dan para pembantu yg menyukainya serta merasa nikmat dgn hal tsb , begitu juga dengan orang2 yg semakna dengan mereka misalnya murid yg mengharapkan barokah dengan menjilatnya, begitu juga jika menjilatkannya pada kambing dan semisalnya.
- Referensi kitab syarah nawawi ala muslim
شرح النووي على مسلم
باب استحباب لعق الأصابع والقصعة وأكل اللقمة الساقطة بعد مسح ما يصيبها من أذى وكراهة مسح اليد قبل لعقها .
فيه : قوله صلى الله عليه وسلم : ( إذا أكل أحدكم طعاما فلا يمسح يده حتى يلعقها أو يلعقها ) وفي الرواية الأخرى : كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يأكل بثلاث أصابع ، ويلعق يده قبل أن يمسحها ) وفي رواية : ( يأكل بثلاث أصابع فإذا فرغ لعقها ) وفي رواية ( أن النبي صلى الله عليه وسلم أمر بلعق الأصابع والصحفة وقال : إنكم لا تدرون في أيه البركة ) وفي رواية : ( إذا وقعت لقمة أحدكم فليأخذها ، فليمط ما كان بها من أذى ، وليأكلها ولا يدعها للشيطان ولا يمسح يده بالمنديل حتى يلعق أصابعه فإنه لا يدري في أي طعامه البركة ) وفي رواية : ( إن الشيطان يحضر أحدكم عند كل شيء من شأنه ، حتى يحضره عند طعامه فإذا سقطت من أحدكم اللقمة فليمط . . . . وذكر نحو ما سبق ) وفي رواية : ( وأمرنا أن نسلت القصعة ) وفي رواية : ( وليسلت أحدكم الصفحة ) .
في هذه الأحاديث أنواع من سنن الأكل ، منها استحباب لعق اليد محافظة على بركة الطعام وتنظيفا لها ، واستحباب الأكل بثلاث أصابع ، ولا يضم إليها الرابعة والخامسة إلا لعذر ؛ بأن يكون مرقا وغيره مما لا يمكن بثلاث ، وغير ذلك من الأعذار ، واستحباب لعق القصعة وغيرها ، واستحباب أكل اللقمة الساقطة بعد مسح أذى يصيبها ، هذا إذا لم تقع على موضع نجس ، فإن وقعت على موضع نجس تنجست ، ولا بد من غسلها إن أمكن ، فإن تعذر أطعمها حيوانا ولا يتركها للشيطان .
ومنها إثبات الشياطين ، وأنهم يأكلون ، وقد تقدم قريبا إيضاح هذا ، ومنها جواز مسح اليد بالمنديل ، لكن السنة أن يكون بعد لعقها .
وقوله صلى الله عليه وسلم : ( يلعقها أو يلعقها ) معناه - والله أعلم - لا يمسح يده حتى يلعقها ، فإن لم يفعل فحتى يلعقها غيره ممن لا يتقذر ذلك كزوجة وجارية وولد وخادم يحبونه ويلتذون بذلك ولا يتقذرون ، وكذا من كان في معناهم كتلميذ يعتقد بركته ويود التبرك بلعقها ، وكذا لو ألعقها شاة ونحوها . والله أعلم .
wallohu a'lam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar