Senin, 09 Februari 2015

Imam Nawawi menghormati Gurunya

Dikutip dari : Al 'Uhuud Al Muhammadiyyah
قال الإمام الشعراني رحمهُ الله تعالى : بلغنا عن الإمام النووي رحمه الله أنهُ دعاهُ يوماً شيخه الكمال الإربلي ليأكل معه ، فقال : يا سيدي أعفني من ذلك فإن لي عُذراً شرعياً فتركه ، فسأله بعض إخوانه : ما ذلك العذر ؟ فقال : أخافُ أن تسبقَ عين شيخي إلى لُقمةٍ فآكلها وأنا لا أشعر
Al-Imam Asy-Sya'rony rohimahullohu berkata : Telah datang kabar kepada kami dari Al-Imam Nawawi rohimahullohu, Bahwa pada suatu hari,Beliau (Al-Imam Nawawi rohimahullohu) di ajak makan bersama oleh guru beliau yaitu Syeikh Al-Kamal Irbily.
Imam Nawawi berkata : Ya Sayyidi/Wahai guruku ... Aku mohon maaf tidak bisa memenuhi keinginan anda untuk makan bersamaku,karena aku mempunyai udzur syara (alasan yang sifatnya syar'iyyah) .
Kemudian Imam Nawawi r.a, pamit mundur dari majlis guru beliau.
Para sahabat Imam Nawawi bertanya : " Apa Alasan nya ? (hingga engkau menolak undangan makan bersama dari guru kita).
Imam Nawawi r.a berkata : " Aku sangat khawatir mendahului tatapan guruku pada satu suapan/jenis makanan ,kemudian aku memakan dan menelannya sedangkan aku tidak menyadarinya ".
*** Imam Nawawi sangat khawatir dan takut ,tidak bisa menjaga adab terhadap gurunya ketika makan bersama.

Wallohu A'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar