حَدَّثَنَا
أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَعَمْرٌو النَّاقِدُ وَزُهَيْرُ بْنُ
حَرْبٍ كُلُّهُمْ عَنْ سُفْيَانَ بْنِ عُيَيْنَةَ قَالَ عَمْرٌو حَدَّثَنَا
سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنِ الزُّهْرِيِّ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ
عَائِشَةَ:
أَنَّ
نِسَاءَ الْمُؤْمِنَاتِ كُنَّ يُصَلّيْنَ الصُّبْحَ مَعَ النَّبِيِّ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثُمَّ يَرْجِعْنَ مُتَلَفِّعَاتٍ
بِمُرُوْطِهِنَّ لاَ يَعْرِفُهُنَّ أَحَدٌ
230 – (645)
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah dan ‘Amru An
Naqid dan Zuhair bin Harob, semuanya dari Sufyan bin
‘Uyainah kata ‘Amru telah menceritakan kepada kami Sufyan bin
‘Uyainah dari Az Zuhri dari ‘Urwah dari ‘Aisyah Radhiyallahu’anha :
Bahwa para
wanita mukminat pernah shalat subuh bersama Nabi shallallahu ‘alaihi
wasallam, kemudian mereka pulang dengan menutup wajah mereka dengan kain
sehingga tak seorangpun mengenalnya.
(Shahih Muslim 645-230)
وَحَدَّثَنِي
حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى أَخْبَرَنَا اِبْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي يُوْنُسُ
أَنَّ اِبْنَ شِهَابٍ أَخْبَرَهُ قَالَ أَخْبَرَنِي عُرْوَةُ بْنُ
الزُّبَيْرِ أَنَّ عَائِشَةَ زَوْجَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَتْ:
لَقَدْ
كَانَ نِسَاءٌ مِنَ الْمُؤْمِنَاتِ يَشْهَدْنَ الْفَجْرَ مَعَ رَسُوْلِ
اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُتَلَفِّعَاتٍ بِمُرُوْطِهِنَّ
ثُمَّ يَنْقَلِبْنَ إِلَى بُيُوْتِهِنَّ وَمَا يُعْرَفْنَ مِنْ تَغْلِيْسِ
رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالصَّلاَةِ
231 – (645)
Dan telah menceritakan kepadaku Harmalah bin Yahya telah mengabarkan
kepada kami Ibnu Wahab telah mengabarkan kepadaku Yunus bahwa Ibnu
Syihab mengabarkan kepadanya, dia berkata, telah menceritakan
kepadaku ‘Urwah bin Zubair, bahwa ‘Aisyah Radhiyallahu’anha isteri Nabi
shallallahu ‘alaihi wasallam berkata:
Dahulu para
wanita mukminat menghadiri shalat fajar (subuh) bersama Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wasallam dengan mengerudungi kepala dengan kain,
kemudian mereka kembali ke rumah masing-masing, mereka tidak dikenali
karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mendirikan shalat subuh
ketika keadaan masih pagi buta.
(Shahih Muslim 645-231)
وَحَدَّثَنَا
نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ اَلْجَهْضَمِيُّ وَإِسْحَقُ بْنُ مُوْسَى
اْلأَنْصَارِيُّ قَالاَ حَدَّثَنَا مَعْنٌ عَنْ مَالِكٍ عَنْ يَحْيَى بْنِ
سَعِيْدٍ عَنْ عَمْرَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ:
إِنْ
كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيُصَلِّي
الصُّبْحَ فَيَنْصَرِفُ النِّسَاءُ مُتَلَفِّعَاتٍ بِمُرُوْطِهِنَّ مَا
يُعْرَفْنَ مِنْ الْغَلَسِ وَقَالَ اْلأَنْصَارِيُّ فِي رِوَايَتِهِ
مُتَلَفِّفَاتٍ
232 – (645)
Dan telah menceritakan kepada kami Nashar bin Ali Al
Jahdhami dan Ishaq bin Musa Al Anshari, keduanya berkata, telah
menceritakan kepada kami Ma’an dari Malik dariYahya bin
Said dari ‘Amarah dari ‘Aisyah Radhiyallahu’anha , ia berkata:
Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wasallam pernah shalat subuh, sementara para wanita
pulang dengan mengerudungi kepala mereka dengan kain, hingga mereka
tidak dikenali karena keadaan masih gelap gulita. Kata Al Anshari dalam
riwayatnya: dengan melipatkan kain di kepalanya.
(Shahih Muslim 645-232)
حَدَّثَنَا
أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا غُنْدَرٌ عَنْ شُعْبَةَ
قَالَ ح وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى وَاِبْنُ بَشَّارٍ قَالاَ
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ سَعْدِ بْنِ
إِبْرَاهِيْمَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْحَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ
قَالَ:
لَمَّا
قَدِمَ الْحَجَّاجُ الْمَدِيْنَةَ فَسَأَلْنَا جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللهِ
فَقَالَ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي
الظُّهْرَ بِالْهَاجِرَةِ وَالْعَصْرَ وَالشَّمْسُ نَقِيَّةٌ وَالْمَغْرِبَ
إِذَا وَجَبَتْ وَالْعِشَاءَ أَحْيَانًا يُؤَخِّرُهَا وَأَحْيَانًا
يُعَجِّلُ كَانَ إِذَا رَآهُمْ قَدْ اِجْتَمَعُوْا عَجَّلَ وَإِذَا رَآهُمْ
قَدْ أَبْطَئُوْا أَخَّرَ وَالصُّبْحَ كَانُوْا أَوْ قَالَ كَانَ
النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّيْهَا بِغَلَسٍ
233 – (646)
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah telah
menceritakan kepada kami Ghundar dari Syu’bah (Dan diriwayatkan dari
jalur lain) telah menceritakan kepada kami Muhammad bin
Mutsanna dan Ibnu Basyar, keduanya berkata, telah menceritakan kepada
kami Muhammad bin Ja’far, telah menceritakan kepada kami Syu’bah –
dari Sa’id bin Ibrahim, dari Muhammad bin ‘Amru bin Hasan bin
Ali katanya:
Ketika
Hajjaj tiba di Madinah, kami bertanya kepada Jabir bin Abdullah seraya
berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah shalat dzuhur di
pertengahan siang ketika hari sangat panas, dan ashar ketika matahari
masih bersih, dan maghrib ketika matahari terbenam, dan isya` kadang
beliau mengakhirkannya dan kadang beliau menyegerakannya. Jika beliau
lihat para sahabat telah berkumpul, maka beliau menyegerakannya dan jika
beliau lihat para sahabat kurang bergegas mendatanginya, beliau akan
mengakhirkannya, adapun subuh maka para sahabat atau perawi berkata :
Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melakukannya ketika pagi masih gelap
gulita.
(Shahih Muslim 646-233)
وَحَدَّثَنَاهُ
عُبَيْدُ اللهِ بْنُ مُعَاذٍ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ
سَعْدٍ سَمِعَ مُحَمَّدَ بْنَ عَمْرِو بْنِ الْحَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ قَالَ
كَانَ الْحَجَّاجُ يُؤَخِّرُ الصَّلَوَاتِ فَسَأَلْنَا جَابِرَ بْنَ عَبْدِ
اللهِ بِمِثْلِ حَدِيْثِ غُنْدَرٍ
234 – (646)
Dan telah menceritakan kepada kami ‘Ubaidullah bin Muadz telah
menceritakan kepada kami Ayahku telah menceritakan kepada
kami Syu’bah dari Sa’id ia mendengar Muhammad bin ‘Amru bin Al Hasan bin
Ali, ia berkata:
Al Hajjaj seringkali mengakhirkan sekian banyak shalat, maka kami bertanya kepada Jabir bin Abdullah seperti haditsnya Ghundar.
(Shahih Muslim 646-234)
وَحَدَّثَنَا
يَحْيَى بْنُ حَبِيْبٍ اَلْحَارِثِيُّ حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ الْحَارِثِ
حَدَّثَنَا شُعْبَةُ أَخْبَرَنِي سَيَّارُ بْنُ سَلاَمَةَ قَالَ:
سَمِعْتُ
أَبِي يَسْأَلُ أَبَا بَرْزَةَ عَنْ صَلاَةِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ قُلْتُ آنْتَ سَمِعْتَهُ قَالَ فَقَالَ
كَأَنَّمَا أَسْمَعُكَ السَّاعَةَ قَالَ سَمِعْتُ أَبِي يَسْأَلُهُ عَنْ
صَلاَةِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ كَانَ لاَ
يُبَالِي بَعْضَ تَأْخِيْرِهَا قَالَ يَعْنِي الْعِشَاءَ إِلَى نِصْفِ
اللَّيْلِ وَلاَ يُحِبُّ النَّوْمَ قَبْلَهَا وَلاَ الْحَدِيْثَ بَعْدَهَا
قَالَ شُعْبَةُ ثُمَّ لَقِيْتُهُ بَعْدُ فَسَأَلْتُهُ فَقَالَ وَكَانَ
يُصَلِّي الظُّهْرَ حِيْنَ تَزُوْلُ الشَّمْسُ وَالْعَصْرَ يَذْهَبُ
الرَّجُلُ إِلَى أَقْصَى الْمَدِيْنَةِ وَالشَّمْسُ حَيَّةٌ قَالَ
وَالْمَغْرِبَ لاَ أَدْرِي أَيَّ حِيْنٍ ذَكَرَ قَالَ ثُمَّ لَقِيْتُهُ
بَعْدُ فَسَأَلْتُهُ فَقَالَ وَكَانَ يُصَلِّي الصُّبْحَ فَيَنْصَرِفُ
الرَّجُلُ فَيَنْظُرُ إِلَى وَجْهِ جَلِيْسِهِ الَّذِي يَعْرِفُ
فَيَعْرِفُهُ قَالَ وَكَانَ يَقْرَأُ فِيْهَا بِالسِّتِّينَ إِلَى
الْمِائَةِ
235 – (646)
Dan telah menceritakan kepada kami Yahya bin Habib Al Haritsi telah
menceritakan kepada kami Khalid bin Al Harits telah menceritakan kepada
kami Syu’bah telah mengabarkan kepadaku Sayyar bin Salamah , ia berkata:
Aku
mendengar Ayahku bertanya Abu Barzah tentang shalat Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wasallam, Sayyar menjawab, aku pernah bertanya
kepada ayahku: Apakah engkau mendengarnya dari Abu Barzah? Ayahku
menjawab: Seperti aku memperdengarkan kepadamu saat ini. Kata Sayyar:
aku dengar ayahku bertanya kepada Abu Barzah tentang shalat Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wasallam. Kata ayahku: Rasulullah tidak
mempedulikan mengakhirkan sebagian , kata ayahku, maksudnya shalat isya`
hingga pertengahan malam, dan beliau tidak suka tidur sebelum shalat
isya`, tidak suka bicara setelah shalat isya`. Kata Syu’bah: Kemudian
aku menemuinya (Abu Barzah) dilain waktu dan menanyainya dan ia
berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyukai zhuhur ketika
matahari tergelincir dan ashar ketika seseorang pergi ke penghujung
Madinah dan matahari masih meninggi. Syu’bah melanjutkan: Dan waktu
shalat maghrib, aku tidak mengetahuinya, bagaimana ia menyebutkan,
Syu’bah berkata: Kemudian aku menemuinya (Abu Barzah) dilain waktu dan
menanyainya dan dia menjawab: Dan beliau melaksanakan shalat shubuh dan
beranjak pergi ketika seseorang mengenal wajah teman duduknya, dan
beliau membaca enam puluh sampai seratus ayat (dalam shalat shubuh).
(Shahih Muslim 646-235)
حَدَّثَنَا
عُبَيْدُ اللهِ بْنُ مُعَاذٍ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ
سَيَّارِ بْنِ سَلاَمَةَ قَالَ سَمِعْتُ أَبَا بَرْزَةَ يَقُولُ:
كَانَ
رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لاَ يُبَالِي بَعْضَ
تَأْخِيْرِ صَلاَةِ الْعِشَاءِ إِلَى نِصْفِ اللَّيْلِ وَكَانَ لاَ يُحِبُّ
النَّوْمَ قَبْلَهَا وَلاَ الْحَدِيْثَ بَعْدَهَا قَالَ شُعْبَةُ ثُمَّ
لَقِيْتُهُ مَرَّةً أُخْرَى فَقَالَ أَوْ ثُلُثِ اللَّيْلِ
236 – (647)
Telah menceritakan kepada kami ‘Ubaidullah bin Mu’adz telah
menceritakan kepada kami Ayahku telah menceritakan kepada
kami Syu’bah dari Sayyar bin Salamah , katanya:
Aku
mendengar Abu Barzah berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam
tidak mempedulikan untuk mengakhirkan sebagian shalat isya` hingga
pertengahan malam, dan beliau tidak menyukai tidur sebelum shalat isya`
dan tidak menyukai pembicaraan sesudahnya. Syu’bah mengatakan: Suatu
kali aku menjumpai Sayyar dan ia berkata: Atau sepertiga malam.
(Shahih Muslim 647-236)
وَحَدَّثَنَاهُ
أَبُوْ كُرَيْبٍ حَدَّثَنَا سُوَيْدُ بْنُ عَمْرٍو الْكَلْبِيُّ عَنْ
حَمَّادِ بْنِ سَلَمَةَ عَنْ سَيَّارِ بْنِ سَلاَمَةَ أَبِي الْمِنْهَالِ
قَالَ سَمِعْتُ أَبَا بَرْزَةَ اْلأَسْلَمِيَّ يَقُولُ:
كَانَ
رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُؤَخِّرُ الْعِشَاءَ
إِلَى ثُلُثِ اللَّيْلِ وَيَكْرَهُ النَّوْمَ قَبْلَهَا وَالْحَدِيْثَ
بَعْدَهَا وَكَانَ يَقْرَأُ فِي صَلاَةِ الْفَجْرِ مِنَ الْمِائَةِ إِلَى
السِّتِّينَ وَكَانَ يَنْصَرِفُ حِيْنَ يَعْرِفُ بَعْضُنَا وَجْهَ بَعْضٍ
237 – (647)
Dan telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib telah menceritakan
kepada kami Suwaid bin ‘Amru Al Kalbiy dari Hammad bin
Salamah dari Sayyar bin Salamah yaituAbu Minhal,iaberkata:
Aku
menengar Abu Barzah Al Aslami berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi
wasallam pernah mengakhirkan shalat isya` hingga sepertiga malam, dan
beliau tidak menyukai tidur sebelum shalat isya` dan pembicaraan
sesudahnya. Terkadang beliau membaca seratus hingga enampuluh ayat dalam
shalat shubuh, dan beliau beranjak ketika kami sudah mengenal wajah
kami satu sama lain (sudah terang pent)
(Shahih Muslim 647-237)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar