Kamis, 18 September 2014

Kisah Iblis dan Jin lainya

JIN MENASEHATI MANUSIA
Abu Khalifah Al Abidyia menceritakan:Ketika kematiaan anakku,aku sangat berduka cita,sehingga aku tak dapat tidur.Demi Allah,pada suatu malam aku berada di ranjang dalam kamarku sendirian.Tiba-tiba terdengar suara dari pojok rumahku yang memanggil-manggil aku seraya menyampaikan salam dan kujawab salamnya.Aku sangat takut dengan suara itu,kemudian suara itu disusul dengan bacaan Suart Ali Imran ayat 195 sampai 198.kemudian ia berkata:Hai khalifah,apa yang anda maksudkan,anda selalu memikirkan anak yang telah meninggal dunia itu,sehingga anda melupakan manusia yang justru selalu menunggu pertolongan anda.Apakah anda lebih hebat dari Nabi SAW,padahal pada waktu putera beliau Ibrahim meninggal,beliau hanya meneteskan air mata dengan bersabda:Mata meneteskan air mata dan hati berduka cita.Wahai khalifah,apakah anda ingin mendapatkan kemurkaan allah,atau ingin menolak kematian anak anda yang nota bene mati itu telah ditetapkan waktunya bagi kepada Allah dan menolak kebijaksanaan-nya terhadap makhluk-Nya ?.Demi Allah,seandainya mati itu tidak ada maka bumi ini tak akan sanggup menampung kelahiran penduduk yang selalu muncul setiap saat itu.Dalam akhir nasehatnya jin itu bertanya kepada khalifah:Apakah anda membutuhkan sesuatu?.Khalifah balik bertanya:Siapakah sbenarnya engkau ini ?.Dia menjawab:Saya adalah seorang tetanggamu dari golongan jin.

LALAT YANG DIPUKUL MENJADI LELAKI PINCANG
Abu Al Jauza menceritakan:Pada suatu hari Amirul Mukminin Muawiyah menyuruh menulis suatu surat rahasia kepada sekretaris pribadinya.Perihal itu benar-benar dipatuhi.tetapi pada saat surat itu ditulis,ada seekor lalat hinggap di kertas itu,sehingga sekretaris itu memukul dengan penanya.Maka terpotonglah salah satu kaki lalat tersebut.Tetapi dengan terkejut,setelah sekretarisnya keluar dari istana ternyata ia telah dijempat oleh banyak orang yang mengatakan isi surat Amirul Mukminin.Sehingga sekretaris itu bertanya kepada masyarakat tadi siapa yang memberitahukan mereka.Mereka menjawab bahwa yang memberitahu adalah orang Habsyi yang pincang kakinya.Maka sekretaris itu cepat-cepat masuk ke istana Amirul Mukminin Muawiyah dan berkata:Wahai Amirul Mukminin engkau telah mmerintahkanku unutuk menulis surat rahasia,tetapi tiba-tiba penduduk di lahsekitar istana ini telah tahu semua isinya.Setelah kutanyakan siapa yang memberitahu,dengan serentak mereka menjawab bahwa orang Habsyi pincanglah yang memberitahu isi surat tersebut.Muawiyah berkata:Orang Habsyi itu adalah syaitan yang merubah bentuknya menjadi lalat yang engkau pukul dengan penamu kemarin.

IBLIS INGIN BERTAUBAT
Abi Al Aliyah menceritakan:Ketika perahu Nabi Nuh berlabu,tiba-tiba disambut oleh Iblis dibagian belakng perahu,maka terjadilah dialog:Nabi Nuh:Hai Iblis celaka engkau,semua penghuni dunia telah tenggelam gara-gara engkau,dan berarti pula engkaulah yang membunuh mereka dengan sengaja.Iblis:kemudian apaka yang harus aku lakukan ?.Nabi Nuh:Engkau harus bertaubat.Iblis:Tolong tanyakan pada Tuhanmu,apakah saya boleh bertaubat ?.Nabi Nuh:Allah Taala baru saja memberiku penjelasan kepadaku bahwa engkau boleh bertaubat.Iblis;Bagaimana caranya ?.Nabi nuh:Mencari makam Nabi Adam,kemudian engkau bersujud di sana.Iblis:Tidak dapat kiranya bila setelah ia mati aku bersujud kepadanya,sedang ketika masih hidup aku tidak mau bersujud kepadanya.
Abu Bakar bin Ubaid mencritakan:Suatu hari iblis mendatangi Nabi Musa dan terjadilah dialog.Iblis:Hai Musa,engkau adalah kekasih Allah dengan menjadikan engkau sebagai utusan-Nya dan kemudian Allah berfirman langsung kepadamu.sedang saya adalah termasuk makhluk Allah yang banyak berdosa.Aku ingin bertaubat maka tolonglah aku,tanyakan pada Tuhanmu bagaimana saya harus menjalankan taubat itu.Nabi Musa:Aku telah bersujud kepada Allah Taala unutk menanyakan masalahmu dan Dia katakan bahwa cara engkau bertaubat adalah bersujud di kubur Nabi Adam as.Iblis:Pantaskan aku bersujud kepadanya setelah ia mati,sedang di kala masih hidup aku tidak mau bersujud ?
Kemudian Iblis melanjutkan ucapannya:Hai Musa,dengan bantuanmu menanyakan kepada Tuhanmu tentang cara taubat saya,maka aku akan jelaskan padamu tiga hal yang selayaknya engkau harus mengerti,yaitu:
– Ketika marah.Pada saat ini,ide dan petunjukku dihatiorang yang marah itu,mataku berada di matanya dan aku kuasai dia lewat aliran darahnya.
– Ketika berhdapan dengan musuh.Pada waktu seseorang berada di suatu medan perang aku datangi dia dan aku ingatkan padanya anak,istri dan keluarganya yang lain,dengan harapan ia kan meninggal di medan perang itu.
– Ketika ada seorang pria duduk dengan seorang wanita.Hal ini harus dijauhi,lantaran orang yang telah melakukan perbuatan ini,berarti mereka telah masuk perangkatku.ingatlah bahwa wanita itu adalah utusanku.

JIN SYAITAN BUKA RAHASIA
Abdullah Bin Umar menceritakan;Ketika Umar ra berhasil membanting syaitan maka syaitan itu menyampaikan sebuah hadits Nabi SAW yaitu tentang Surat Al Baqarah,tidak ada satu ayat dari surat tersebut yang apabila dibaca ditengah-tengan syaitan kecuali mereka pasti buyar.Dan bila surat Al Bawarah dibaca di dalam rumah,maka tidak ada syaitan yang berani memasuki rumah itu.
Abul Aswal menceritakan:bahwa sudah beberapa kali seorang jin syaitan mencuri zakat dan tertangkap.Syaitan itu menjerit dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.Ucapannya langsung saya tanya:Apakah beberapa hari yang lalu engkau tidak berjanji tidak akan kembali sedang sekarang kamu ingkari janjimu itu.Syaitan itu menjawab:Kami akan selalu kembali ke sini bila diantara kalian tidak ada yang membaca akhir dari Surat Al Baqarah.
Pada cerita Ubai bin Kaab,jin mengatakan:Ayat kursi,itulah yang dapat menyelamatkanmu dari ganguanku.Barangsiapa yang membacanya pada waktu pagi,ia akan selamat dari gangguanku sampai sore hari dan siapa yang membacanya pada sore hari,maka ia akan selamat dari gangguan kami sampai pagi hari.

JIN MENCURI HARTA MANUSIA 1
Muadzbun Jabal menceritakan:Rasulullah SAW menjadikan saya sebagai penjaga harta zakat kaum muslimin,berupa buah-buahan yang saya tempatkan dalam suatu ruangan.Tapi ternyata buah-buahan itu berkurang.Hal itu saya laporkan kepada Rasulullah SAW.Rasululah bersabda:Bahwasanya buah-buahan itu sebahagian diambil oleh syaitan.Sayapun ingin membuktikan perkataan Rasululah tersebut,maka sayapun segera memasuki ruangan,lalu saya tutup dan mengunci pintunya.Tidak lama kemudian datanglah bayangan hitam yang membentuk sesosok manusia dan masuk melalui lubang yang ada pada pintu.Sarungku segera kusisingkan dan setelah kulihat sosok manusia itu memakan harta zakat itu,maka dengan sekuat tenaga saya meloncak ke arah sosok manusia tersebut.Tanganku benar-benar dapat menangkap pencuri itu sambil kuteriakkan:hai musuh Allah !.Pencuri itu menjerik dan berkata:Lepaskan aku,karena aku adalah jin dari daerah Nashifin,termasuk orang fakir dan keluargaku adalah keluarga besar.Daerah ini sebelum saudaramu diutus menjadi rasul adalah merupakan daerah kami.Setelah dia diutus menjadi nabi dan rasul,kami diusir dari daerah ini.Maka tolong,lepaskan aku dan aku tidak akan mengulangi perbuatan ini lagi.Syaitan itupun lalu saya lepaskan.

JIN MENCURI HARTA MANUSIA 1
Ubai Bin Kaab menceritakan bahwa ayahnya menceritakan padanya bahwa ia memiliki lumbung tempat menyimpan buah-buahan yang telah masak.Setiap hari buah-buahan itu selalu dijaganya,akan tetapi buah-buahan itu selalu berkurang.Maka penjagaan diperketat,termasuk pada waktu malam.Pada suatu malam,ketika mengelilingi lumbungnya,tiba-tiba bertemu dengan seekor hewan yang masih muda.Ayahku menyampaikan salam kepada hewan itu dan hewan itupun menjawab salam ayahku.Ia lalu bertanya kepadanya:apakah engkau termasuk manusia atau jin ?.Hewan itu menjawab dengan jelas bahwa dirinya adalah jin.Coba ulurkan tanganmu padaku.iapun segera mengulurkan tanganya.Tangannya seperti tangan anjing,berambut dan berlalu seperti anjing.saat itu pertanyaan membuka kebingungan:apa yang melarbelakangi perbuatanmu itu ?.Hewan itu menjawab;telah sampai kepadaku suatu berita bahwa engkau adalah orang yang senang bersedekahmaka akupun ingin sekali mendapatkan bagian dari sedekahmu itu.baiklah tapi tolong beritahukan padaku,apa yang dapat membebaskanku dari gangguanmu itu.Jin itupun menjawab;AyatKursi.Itulah yang dapat menyelamatkanmu dari gangguan kami.barangsiapa yang membacanya pada pagi hari maka ia akan selamat sampai sore hari dan barangsiapa yang membaca pada sore harinya maka akan selamat sampai waktu pagi.Pagi harinya Kaab datang ke rumah rasulullah dan menceritakan kejiadian yang dialaminya.Beliau memmbenarkan ucapan jin itu.(HR.Hakim).

JIN MENCURI HARTA MANUSIA 3
Malik Bin Hamzah menceritakan dari kakeknya Abi Usaid:Pada suatu hari ia sedang memotong hasil kebunnya,kemudian ia simpan dalam kamar khusus.tiba-tiba ada gendrow yang berbuat jahat dan mencuri hasil buah-buahan hasil kebun yang telah disimpannya.Sehingga Abi Usaid melapor kepada Rasulullah SAW.Rasululah menjawab;Itu adalah jin jahat yang selalu keluar malam untuk mengganggu manusia.Oleh karena itudengarkanlah gerakannya,kemudian bila kau sudah tahu kedatangannya,maka bacalah :Bismillah,wahai syaitan datangilah panggilan Rasululah SAW !.Perintah Rasulullah benar-benar dilakukan,dan pada saat jin dan syaitan itu mendengar bacaan Basmalah,maka ia langsung gemetar dan mengajukan permohonan dengan alasannya sekali.Permohonannya adalah;Wahai Aba Usaid,ampunilah aku,jangan engkau memaksaku menghadap Rasulullah,bila engkau kabulkan permintaaku,aku berjanji tidak akan mengganggumu lagi dan akan memberitahukanmu satu ayat yang bila engkau baca,maka rumah tempat pembacaan ayat tersebut akan selamat dari semua gangguan syaitan yang merupakan komplotanku itu.Abu Usaid menyetujuinya dan ayat yang dijanjikanpun segera diberitahukan.Kemudian syaitan itu terus lari tunggang langgang serta mengeluarkan kentuk-kentuk besar karena sangat takutnya.Adapun ayat yang dimaksudkan adalah ayat kursi.(Riwayat Tirmidzi).

IBLIS MENGUJI IMAN NABI AYYUB AS
Ibnu Abbas ra menceritakan:Suatu hari Iblis mengajukan permohonan kepada Allah Taala:Wahai Tuhanku,beri aku kekuasaan atas diri Nabi Ayyub.Maka Allah menjawabnya:Sungguh Aku berikan kekuasaan kepadamu atas harta dan anaknya dan atas jasadnya engkau tidak Kuberi kekuasaan.Maka Iblispun turun ke bumi mengumpulkan pasukan-pasukannya untuk menghancurkan harta dan anak-anaknya.Orang-orang yang diberi tugas mengurus harta-harta Nabi Ayub satu persatu melapaor bahwa tuhan telah mengutus api untuk membakar tanamannya,Tuhan telah mengutus penjahat yang merampok dan membawa pergi semua ternaknya.Dengan singkat Nabi Ayyub menjawab:Tidak ada yang dapat menjaga sesuatu kecuali sabar.
Kemudian Iblis membunuh semua anak Nabi Ayub melalui angin kencang yang merobohkan rumah yang didalamnya anak-anak Nabi Ayub berkumpul.dengan gembira Iblis yang menyamar sebagai anak muda mendatangi Nabi Ayub dan menyampaikan bahwa anak-anaknya telah meninggal semua.Nabi Ayyub menjawab:Anak-anakku itu pada hakekatnya adalah milik Allah yang diamanatkan kepadaku.Oleh karena itu bila amanat yang ditipkan kepadaku dicabut,aku ucapkan terima kasih dan berarti aku lepas dari sebahagian tugasku.Iblis berkata:Aku bersama mereka di rumah tempat kejadian itu.Nabi Ayub:Bagaaaimana engkau dapat selamat sendiri ?. Iblis:Ya,memang demikianlah kami selamat.Nabi Ayyub:Kalau demikian engkau syaitan.Pada hari inilah aku telah menjadi seperti setelah saya baru dilahirkan dari rahim sang ibu.Maka akan kucakar rambutku dan kukerjakan shalat dua rakaat.
Iblis hamper-hampir putus asa,maka mengajukan permohonan lagi kepada Allah:Ya tuhanku,ternyata Nabi ayyub terjaga dari godaanku,maka berilah kepadaku kekuasaan pada jasad dan segala yang ada padanya.Allah:Sungguh Aku beri kekuasaan padamu atas jasad kekasihku itu,tetapi hatinya tidak.Kemudian Iblis kebumi meniupkan satu tiupan yang mengandung racun pada kedua telapak kaki sampai kepala.Racun itu segera menjalar ke seluruh tubuh dan jadilah kudis yang sulit diobati,akhirnya ia terjatuh di atas sampai istrinya yang mengetahui suaminya jatuh ke sampah segera lari menolongnya dan berkata:Hai Ayub,Allah telah menurunkan kefakiran,banyak penyakit kepadamu sehingga demi engkau aku jual rambutku untuk membeli sepotong roti kepadamu,sebab itu mohonlah kepada Tuhan agar cepat-cepat menyembuhkan itu.Nabi Ayyub dengan cepat menjawab:Celaka engkau,tidakkah engkau ingat bahwa dalam jangka 70 tahun kita selalu mendapat nikmat dari Allah Swt,maka bersabarlah kita nantikan musibah ini sampai 70 tahun juga,sedang sekarang kita bari 7 tahun,bersabarlah wahai sayangku.
Iblis lalu mendekati dan menggoda Istri Nabi Ayub.Iblis:Mengapa suamimu mendapatkan cobaan yang demikian itu ?.Istri Ayyub:Takdir Tuhanlah yang menentukan hal itu.Iblis:Hai istri Ayyub ikutilah aku,maka aku akan tunjukkan segala sesuatu yang kuhancurkan beberapa waktu yang lalu,dan bila kau mau bersujud kepadaku,maka akan kukembalikan itu semua kepadamu.Istri Ayyub:Sungguh aku adalah seorang wanita yang sudah bersuami maka segala sesuatu yang akan kukerjakan harus kumusyawarahkan dulu dengan suamiku.Setelah hal itu disampaikan kepada Nabi Ayyub,maka beliaupun segera member penjelasan kepada istrinya:Wahai sayangku ingatlah bahwa sekarang engkau telah didekati dan digoda oleh syaitan.Jika engkau ikuti perintah syaitan sebagaimana yang engkau jelaskan kepadaku,pasti aku pukul kau 100 kali.
(Palajau,22 Agustus 2012,diringkas dari buku:Keajaiban Jin Menurut Al Quran dan Hadits,oleh Syaikh Badruddin Bin Abdullah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar