Rabu, 03 September 2014

Ikut jama'ah tapi tidak niat Ma'mum

Istiqomah Binti Muhamad
اَسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ
Tanya :Pada waktu SHOLAT BERJAMA’AH ( Misal ; Sholat FARDLU, TARWIH, IED dll )
BOLEH-kah kita ber-NIAT :
 -------------------------------------------------------------------
“ … Ada’allillahi ta’ala … “, (tanpa Makmum)
-------------------------------------------------------------------
( Karena ‘TDK MANTAP’ dg seorang IMAM)
Bagaimanakah HUKUM-x … ?
MOHON PENJELASAN
Colek :
- Mbah Godek- Ustad El Wafi- Suhu Eri Munandar- Suhu Gofar Sadja
وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ
JAWABAN :
>> Penawar Rinduku
Wa alaikumus salaam warrohmatullohi wabarokaatuh
 seperti sudah diketahui bahwa yang dimaksud sholat secara istilah ulama' fiqh adalah beberapa ucapan dan perbuatan yang diawali/dibuka dengan takbir, dan diakhiri/ditutup dengan salam secara umumnya. 
seseorang yang berkewajiban sholat wajib mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan sholat yang terdiri dari beberapa waktunya sholat, syarat wajibnya sholat, syarat sahnya sholat, rukun-rukun sholat, perkara-perkara yang membatalkan sholat dan lain-lain. 
dalam permasalahan rukun-rukun sholat terdapat rukun yang pertama yaitu niat. dan niat ini letaknya di dalam hati, yang mana waktu pelaksanaan niat sholat ditengah seseorang melafadzkan takbirotul ihrom. 
ada tiga (3) tingkatan niat dalam sholat :
 1. jika tergolong sholat fardlu, maka hal-hal yang diwajibkan antara lain : qoshdul fi'li (keseengajaan melakukan sholat), ta'yin (menentukan sholat yang dilakukan), dan fardliyah (menyebutkan bahwa sholat tersebut termasuk fardlu). 
contoh : - usholli fardlodh dhuhri, - nawaitu sholatadh dhuhri al-mafrudloh. 
keterangan :
 ~ qoshdul fi'li : usholli & nawaitu sholata. 
~ ta'yin : dhuhri & dhuhri.
 ~ fardliyah : fardlodh & al-mafrudloh. 
2. jika tergolong sholat sunnah yang mempunyai waktu, seperti : dluha, witr ; atau yang mempunyai sebab, seperti : gerhana, memohon hujan ; maka hal-hal yang diwajibkan antara lain : qoshdul fi'li (kesengajaan melakukan sholat), dan ta'yin (menentukan sholat yang dilakukan). 
contoh : - ushollidl dluha. - nawaitu sholatal istisqo'. 
keterangan :
 ~ qoshdul fi'li : usholli & nawaitu sholata. 
~ ta'yin : dluha & istisqo'.
3. jika tergolong sholat sunnah mutlak (tidak terkait dengan waktu dan sebab) maka yang diwajibkan hanyalah qoshdul fi'li (kesengajaan melakukan sholat). 
contoh : - usholli - nawaitush sholata 
keterangan :
 ~ qoshdul fi'li : usholli & nawaitush sholata. 
~~~~~~~~~~~~ 
dari niat sholat fardlu dan sholat sunnah tersebut tidak diwajibkan niat lillahi ta'ala, menyebutkan rokaat, menyebutkan ada' atau qodlo', tetapi semua itu hukumnya sunnah.
 ~~~~~~~~~~~~
jika seseorang berkedudukan sebagai ma'mum dan hendak bermakmum maka wajib baginya untuk berniat jama'ah, atau iqtida' atau bermakmum. 
jika tidak berniat demikian maka menjadi sholat munfarid (sholat sendirian bukan berjamaah) 
jika tidak berniat jamaah/semisalnya dan mengikuti imam setelah menunggu dalam satu rukun dan tempo menunggunya termasuk lama maka batal sholatnya. 
namun jika selesainya seseorang yang sholat sendirian dalam setiap gerakan sesuai dengan selesai imamnya imam maka sholatnya tidak batal. 
REFERENSI :
* taqrirotush sadidah hal. 209-210 
درجات النية في الصلاة : ثلاثة ؛ ١ ـ إذا كانت الصلاة فرضا وجب قصد الفعل والتعيين والفرضية ٢ ـ إذا كانت الصلاة نافلة مؤقتة : { كضحى والوتر } ، أو ذات سبب { كسنة الكسوف الاستسقاء } ، وجب قصد الفعل والتعيين ٣ ـ إذا كانت الصلاة نافلة مطلقة وجب قصد الفعل فقط 
ــ إلى أن قال ــ 
مسائل في النية ؛ 
ــ إلى أن قال ــ 
٢ ـ لا تجب نية إضافة الصلاة لله سبحانه وتعالى ، ولا نية تعيين عدد الركعات ، ولا نية استقبال القبلة ، ولا نية الأداء أو القضاء ، بل كل ذلك سنة كما قال صحب { صفوة الزبد } ؛ دون إضافة لذي الجلال * وعدد الركعات ، واستقبال 
٣ ـ إذا كان المصلي مأموما فيجب عليه أن ينوي الجماعة أو الاقتداء أو المأمومية ، فإذا لم ينو وتابع إمامه بعد انتظاره في ركن وطال ذلك الانتظار ، بطلت صلاته ، ولا تجب نيتها عند الإحرام 
~~~~~~~~~~~~~ 
* kifayatul akhyar hal. 214 
ولو لم ينو الاقتداء . . انعقدت صلاته منفردا ، ثم إن تابع الإمام في أفعاله . . بطلت صلاته على الأصح 
~~~~~~~~~~~~~
* kitab roudhoh
ط الرابع : نية الاقتداء . فمن شروط الاقتداء : أن ينوي المأموم الجماعة أو الاقتداء ، وإلا فلا تكون صلاته صلاة جماعة ، وينبغي أن يقرن هذه النية بالتكبير كسائر ما ينويه ، فإن ترك نية الاقتداء ، انعقدت صلاته على الأصح . وعلى هذا لو شك في أثناء صلاته في نية الاقتداء نظر إن تذكر قبل أن يحدث فعلا على متابعة الإمام لم يضر ، وإن تذكر بعد أن أحدث فعلا على متابعته بطلت صلاته ، لأنه في حال الشك له حكم المنفرد ، وليس له المتابعة . حتى لو عرض هذا الشك في التشهد الأخير ، لا يجوز أن يقف سلامه على سلام الإمام . وهذا الذي ذكرنا من بطلان صلاته بالمتابعة - هو إذا انتظر ركوعه وسجوده ليركع ويسجد معه . فأما إذا اتفق انقضاء فعله ، مع انقضاء فعله فهذا لا يبطل قطعا . لأنه لا يسمى متابعة .
~~~~~~~~~~~~~
* kitab iqna' 
فَإِن لم ينْو مَعَ تحرم انْعَقَدت صلَاته فُرَادَى إِلَّا الْجُمُعَة فَلَا تَنْعَقِد أصلا لاشْتِرَاط الْجَمَاعَة فِيهَا فَلَو ترك هَذِه النِّيَّة أَو شكّ فِيهَا وَتَابعه فِي فعل أَو سَلام بعد انْتِظَار كثير للمتابعة بطلت صلَاته لِأَنَّهُ وَقفهَا على صَلَاة غَيره بِلَا رابطة بَينهمَا
~~~~~~~~~~~~~
wallohu a'lam bish-showab.

TATA CARA BARISAN SHOLAT BERJAMA'AH

assalamualaikum..para ustadz/ustadzah piss ktb, mohon bantuan/share tentang barisan sholat berjamaah ala aswaja, baik untuk mamum orang tua,anak2 atao perempuan. kalo bisa sama gambarnya, mmaturnuwun , ditunggu sharing elmunya !!
JAWABAN :
> Langlang Buana
wa'alaikum salam
ويقف خلف الإمام الرجال ثم الصبيان ثم النساءقوله"ويقف" أي ويسن إذا تعددت أصناف المأمومين أن يقف خلفه الرجال ولو أرقاء ثم بعدهم إن كمل صفهم الصبيان ثم بعدهم وإن لم يكمل صفهم النساء إلى أن قال...ومتى خولف الترتيب المذكور كره
Berdirilah di belakang imam, makmum laki-laki, kemudian anak-anak, kemudian makmum wanita. keterangan Berdirilah di belakang imam artinya disunahkan bila barisan shalat banyak di belakang imam kaum laki-laki meskipun hamba sahaya, kemudian setelah shafnya penuh, dibelakangnya anak-anak, kemudian di belakangnya meskipun barisannya belum penuh kaum wanita,
Dan bila urutan barisan tersebut di salahi hukumnya makruh.I’aanah at-Thoolibiin II/25
Wallohu a'lam bis showab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar