PERTANYAAN :
> Dien Saepudin
ألسلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Bolehkah makmun kepada mantan masbuQ ? Misal si A masbuQ pada si B pada
tahiyat akhir lalu ketika meneruskan sholat nya ada si C yang kemudian
bermakmun pada si A itu ... gimana sholat nya si c apakah sah ? kalau
makmun pindah2 bagaimana kaifiah nya? apa benar sebagai masbuq kalau mau
dapat fadilah berjamaah itu mesti tepukin dulu si calon imam dan kalau
gak gitu gak dapat fadilahnya, tapi bukankah itu sifatnya mengganggu
sholat seseorang?
JAWABAN :
> Nur Hasyim S. Anam
Wa'alaikumussalaam....bahkan bila terjadi bermakum dengan cara "berpindah-pindah" juga boleh ( sah sholat berjamaahnya ).
> Arwan Masruri Muhammad
Zaid menjadi makmum masbuq, ketika imam mengucapkan salam maka si Zaid
berdiri guna melanjutkan rokaat berikutnya. kemudian datanglah Paijo dan
bermakmum kpd Zaid.. Maka sholat jama'ah si Paijo bermakmum dgn si Zaid
tersebut sah. Bahkan dalam kasus pelaksanaan sholat berjamaah dalam
sholat Jumat pun bila terjadi kasus serupa itu dihukumi sah dan Zaid
cukup melaksanakan 2 rokaat saja dengan catatan cuma terlambat 1 rokaat
dari imamnya... begitupun halnya si Paijo juga cukup melaksanakan 2
rokaat, dengan ketentuan pada rokaat pertama ia bermakmum kpd Zaid..
Yang dimaksud "berpindah-pindah" itu begini ---> pada awalnya si
Zaid bermakmum ke si Paijo---kemudian di tengah-tengah sholatnya itu si
Zaid berpindah bermakmumnya ke Mbah Jenggot yang ada d depan Zaid juga.
kasus semacam ini diperbolehkan dan sah sholat berjamaahnya tapi si Zaid
ini gak dapat fadlilah jamaah, akan tetapi khusus dalam sholat Jumat
tidak dperkenankan ( bila dilakukan maka sholat jumatnya tidak sah ).
ولا يصح قدوة بمن اعتقد بطلان صلاته)... (ولا) قدوة (بمقتد) ولو احتمالا،
وإن بان إماما. وخرج بمقتد من انقطعت قدوته، كأن سلم الامام فقام مسبوق
فاقتدى به آخر صحت، أو قام مسبوقون فاقتدى بعضهم ببعض صحت أيضا - على
المعتمد - لكن مع الكراهة. (فتح المعين)
قوله: صحت) محل الصحة في
هذه الصورة وفي الثانية التي بعدها في غير الجمعة، أما فيها فلا تصح القدوة
في الصورتين عند الجمال الرملي، وفي الصورة الثانية عند ابن حجر. أما في
الصورة الاولى فتصح عنده، لكن مع الكراهة، أفاده الكردي (قوله: لكن مع
الكراهة) ظاهره أنه مرتبط بالصورة الثانية، وهو أيضا ظاهر عبارة شيخه في
التحفة، وظاهر عبارة النهاية أنه مرتبط بالصورتين، كما نبه عليه ع ش،
وعبارته: قوله لكن مع الكراهة، ظاهر في الصورتين، وعليه: فلا ثواب فيها من
حيث الجماعة. وفي ابن حجر التصريح برجوعه للثانية فقط والكراهة، خروجا من
خلاف من أبطلها. اهـ. (إعانة الطالبين حاشية على فتح المعين)
Kesimpulan 'Ibarot di atas :
1. Makmum wajib berniat menjadi makmum, maka bila tdk berniat tersebut niscaya sholatnya tidak sah;
2. Imam tidak harus berniat menjadi imam, akan tetapi bila ia tidak
berniat tersebut niscaya tdk mendapat fadlilah sholat berjama'ah;
3. Makmum & imam boleh niat jadi makmum atau imam di tengah2 sholat yang sedang dilakukannya;
4. Makmum akan mendapat fadhlilah sholat berjamaah manakala ia berniat menjadi makmum semenjak takbirotul ihrom;
5. Imam akan mendapat fadhiilah sholat berjamaah semenjak ia berniat
menjadi imam walaupun niatnya dilakukan di tengah-tengah sholat yang
sedang dilakukannya;
Mengenai makmum menepuk pundak imam? Maaf,
sy blm prnah dengar keterangnnya. Mungkin itu semata agar orang yang
akan kita jadikan imam itu mengetahui bahwa kita menjadikannya sebagai
imam agar dia niat dan mendapat fadhlilah sholat berjama'ah.
Dr
kesimpuln diatas pd poin pertama disebutkn bahwa makmum wajib berniat
makmum jika tidk mk sholtx tdk sah. Sedangkn pd point ke empat dikatakn
bhwasanx makmum itu akn mendaptkn fadilhx sholt berjamaah ketika sedari
takbirotul ihrom sudh berniat jd makmum.
Menrt sy antara point pertama n keempt tdk selaras.
Jd yg benr itu klo makmum tidk niat jd makmum apkah sholtx tidak sah atau sah tp tidk mendaptkn fadilhx jamaah???
Mohon bimbinganx,..
apabila imam (lelaki) lupa maka si ma'mum cukup baca subhanallah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar