Namun demikian, berikut ini kami sampaikan beberapa dalil yang berkaitan
dengan salat iftitah sebagai berikut;
1-
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَامَ مِنْ اللَّيْلِ لِيُصَلِّيَ افْتَتَحَ صَلاَتَهُ بِرَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ. [رواه مسلم :الدعاء
فى صلاة الليل وقيامه]
Artinya: "Diriwayatkan dari Aisyah, ia berkata: Adalah
Rasulullah saw apabila akan melaksanakan salat lail, beliau memulai (membuka) salatnya
dengan (salat) dua rakaat yang ringan-ringan." [HR. Muslim, bab
ad-Du'a fi salat al-lail wa qiyaamih]
2-
عَنْ أَبِي
هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا قَامَ أَحَدُكُمْ مِنْ اللَّيْلِ
فَلْيَفْتَتِحْ صَلاَتَهُ بِرَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ. [رواه مسلم :الدعاء فى صلاة الليل وقيامه]
Artinya: "Diriwayatkan dari Abu Hurairah,
dari Nabi saw, beliau bersabda: Apabila salah saeorang dari kamu akan melakukan
salat lail, hendaklah memulai salatnya dengan dua rakaat yang
ringan-ringan." [HR. Muslim, bab
ad-Du'a fi salat al-lail wa qiyaamih]
3-
حَدَّثَنَا عَبْدُ
الْمَلِكِ بْنُ شُعَيْبِ بْنِ اللَّيْثِ حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ جَدِّي عَنْ
خَالِدِ بْنِ يَزِيدَ عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي هِلاَلٍ عَنْ مَخْرَمَةَ بْنِ
سُلَيْمَانَ أَنَّ كُرَيْبًا مَوْلَى ابْنِ عَبَّاسٍ أَخْبَرَهُ أَنَّهُ قَالَ
سَأَلْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ كَيْفَ كَانَتْ صَلاَةُ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِاللَّيْلِ قَالَ بِتُّ عِنْدَهُ لَيْلَةً وَهُوَ عِنْدَ
مَيْمُونَةَ فَنَامَ حَتَّى إِذَا ذَهَبَ ثُلُثُ اللَّيْلِ أَوْ نِصْفُهُ
اسْتَيْقَظَ فَقَامَ إِلَى شَنٍّ فِيهِ مَاءٌ فَتَوَضَّأَ وَتَوَضَّأْتُ مَعَهُ
ثُمَّ قَامَ فَقُمْتُ إِلَى جَنْبِهِ عَلَى يَسَارِهِ فَجَعَلَنِي عَلَى يَمِينِهِ
ثُمَّ وَضَعَ يَدَهُ عَلَى رَأْسِي كَأَنَّهُ يَمَسُّ أُذُنِي كَأَنَّهُ
يُوقِظُنِي فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ قَدْ قَرَأَ فِيهِمَا بِأُمِّ
الْقُرْآنِ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ ثُمَّ سَلَّمَ ثُمَّ صَلَّى حَتَّى صَلَّى إِحْدَى
عَشْرَةَ رَكْعَةً بِالْوِتْرِ ثُمَّ نَامَ فَأَتَاهُ بِلاَلٌ فَقَالَ الصَّلاَةُ
يَا رَسُولَ اللهِ فَقَامَ فَرَكَعَ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ صَلَّى لِلنَّاسِ [رواه
أبو داود: الصلاة: فى صلاة الليل: 1157]
Artinya: “Abdul Malik bin Syu’aib bin al-Lais telah menceritakan kepada
kami, ayahku telah menceritakan kepadaku, diriwayatkan dari kakekku,
diriwayatkan dari Khalid bin Yazid, diriwayatkan dari Sa’id bin Abi,
diriwayatkan dari Makhramah bin Sulaiman sungguh Kuraib hamba ibnu Abbas ia menceritakan
bahwa dirinya berkata: Saya bertanya kepada Ibnu Abbas, bagaimana salat
Rasulullah saw pada malam hari dimana saya bermalan di tempatnya sedang beliau
(Rasulullah) berada di tempat Maimunah, maka beliaupun tidur, apabila
waktu telah memasuki sepertiga malam
atau setengahnya beliau bangun dan menuju ke griba (wadah air dari kulit)
kemudian beliau berwudlu dan aku pun berwudlu bersama beliau, lalu beliau
berdiri (untuk melakukan salat) dan aku pun berdiri di sebelah kirinya, maka
beliau menjadikan aku berada di sebelah kanannya, kemudian beliau meletakkan
tangannya di atas kepalaku, seolah-olah beliau memegang telingaku, seolah-olah
beliau membangunkanku, kemudian beliau salat dua rakaat ringan-ringan, beliau
membaca ummul-Qur’an pada setiap rakaat, kemudian beliau mengucapkan salam
sampai beliau salat sebelas rakaat dengan witirnya, kemudian beliau tidur. Maka sahabat Bilal menghampirinya sambil berseru; waktu salat wahai
Rasulullah, lalu beliau bangkit (bangun dari tidurnya) dan salat dua rakaat,
kemudian memimpin salat orang banyak.” [HR Abu Dawud,
kitab as-Salat, bab fi salat al-Lail, hadis no. 1157]
1. Salat
iftitah dua rakaat dilakukan sebelum melaksanakan qiyamu lail atau qiyamu
Ramadan
2. Cara
melakukan salat iftitah dua rakaat tersebut yaitu pada rakaat pertama setelah
takbiratul-ihram membaca
doa iftitah “Subhanallah dzil malakuti wal jabaruti wal kibriya-i
wal-‘adzamah”, kemudian membaca
surat al-Fatihah,
dan pada rakaat kedua hanya membaca surat al-Fatihah (dalam dua rakaat salat iftitah hanya membaca
al-Fatihah tidak membaca surat lain)
Demikian
dalil dan penjelasan singkat tentang salat iftitah
Wallahu
a’lam bish-shawab.
*A.56h)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar