Jumat, 14 Maret 2014

Imam Syafi'i menjahitkan baju

Alkisah, bahwa suatu kali Imam Syafi'i rahimahulloh ingin membuat sehelai baju. Beliau pergi mengantarkan kain ke tukang jahit. Ternyata tukang jahit itu adalah seorang yang tidak senang kepada beliau.Sebabnya adalah karena beliau datang ke Mesir membawa mazhab baru,yang memalingkan penduduk Mesir dari mazhab Imam Malik. Sementara tukang jahit itu adalah pengikut mazhab Imam Malik rahimahulloh yang sangat fanatik.
Tukang jahit itu berkata kepada temannya, "Aku akan membuat Syafi'i marah kali ini." Temannya menjawab, "Kamu tidak akan mampu melakukan itu. Sungguh beliau tidak akan marah."
Untuk membuat Imam Syafi'i
marah, penjahit itu membuat lengan baju sebelah kanan kecil se pas tangan, sedangkan lengan baju sebelah kiri ia bikin lebar dan besar. Dia sangat berharap ketika Imam Syafi'i mengambil bajunya, beliau akan marah besar.
Pada hari yang sudah dijanjikan, Imam Syafi'i rahimahulloh datang untuk mengambil pakaiannya.
Ketika beliau melihat hasil jahitannya, Imam Syafi'i tampak sangat terkesan. Beliau berkata, "Dari mana engkau mendapatkan ide cemerlang yang tidak aku bayangkan sebelumnya ??? Lengan kanan baju ini kecil, pas sekali untuk menulis. Aku menjadi tidak terganggu ketika menulis. Sementara lengan kirinya yang lebar ini akan aku gunakan untuk membawa buku."
Atas hasil jahitannya yang iseng itu,Imam Syafi'i justru memberi upah lebih kepada si tukang jahit. Dan tukang jahit itupun saling berpandangan dengan temannya. Mereka betul-betul sangat terpesona menyaksikan sendiri kebesaran jiwa Imam Syafi'i rahimahulloh.
Beliau rahimahulloh senantiasa berpandangan positif sekalipun beliau dizalimi dan dijahili oleh orang-orang di sekitarnya ... Subhanallohumma bi hamdihi, Subhanallohil Adzim ...
RABBANA LA TAJ'ALNA FITNATAN LIL QOUMIDZ DZOLIMIN >> Duhai Rabb kami, janganlah Engkau jadikan kami sebagai fitnah bagi mereka yang gemar berbuat dan menebarkan kedzoliman ... Amin ya Ahkamal Hakimin.
Nubdzatun minal 'ibar ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar