Jumat, 30 Januari 2015

Memakai keranda pertama

Siapakah orang yg pertama kali memakai keranda yg ada tutupnya dalam islam ?
Yang pertama kali memakai keranda yg ada tutupnya dalam islam adalah Fatimah Az Zahro -semoga Allah meridhoinya- putri Rasululloh shollallohu alaihi wasallam.
Kisahnya sbb :
Fatimah -semoga Allah meridhoinya- berkata kepada Asma’ binti Umais,
“Saya tidak senang atas apa yang diperbuat terhadap wanita jika meninggal. Jenazah mereka hanya ditutupi dengan kain kafan sehingga lekuk tubuhnya terlihat,” kata Fatimah kepada Asma’ .
“Apakah engkau mau aku tunjukkan sesuatu yang pernah aku lihat di Habasyah?” ujar Asma’.
Asma’ lalu membuat semacam keranda. Kerangkanya terbuat dari pelepah kurma, sedangkan bagian luarnya ditutup dengan kain. Dengan begitu, jenazah yang dibawa dengan keranda itu tidak terlihat dari luar.
Begitu Fatimah melihat keranda itu, ia berkata.
" betapa bagus dan indahnya ! "
Ia lalu berpesan,
“Nanti, jika aku meninggal, kamu dan suamiku, Ali, yang memandikan aku. Jangan ada orang lain yang ikut memandikan aku. Setelah itu, buatkan keranda seperti itu untuk diriku.”
Demikianlah, sebagaimana penututuran Ibnu Abdil Barr,
‘’Fathimah -semoga Allah meridhoinya- adalah orang pertama yang saat meninggal dimasukkan ke dalam keranda pada masa Islam.’’
Menurut pendapat yg lainnya, orang yg pertama kali memakai keranda dalam islam adalah Zaenab ummul mukminin - semoga Allah meridhoinya- atas perintah Rasululloh shollallohu alaihi wasallam sebagaimana yg di kisahkan oleh imam Al Bandiniji, tapi pendapat tsb di tolak oleh Imam Nawawi karena hadisnya batil dan tidak dikenal.
sedangkan riwayat Imam Al Baihaqy menyebutkan bahwa Fatimah -semoga Allah meridhoinya- putri Rasululloh shollallohu alaihi wasallam pernah berwasiyat agar di buatkan keranda, kemudian mereka melaksanaknnya.
wallohu a'lam.
Referensi :
- kitab Siyaru A'lamin Nubala' Imam Dzihaby (2/129)
عن أم جعفر أن فاطمة قالت لأسماء بنت عميس : إني أستقبح ما يصنع بالنساء ، يطرح على المرأة الثوب ، فيصفها .
قالت : يا ابنة رسول الله ، ألا أريك شيئا رأيته بالحبشة ؟ فدعت بجرائد رطبة فحنتها ، ثم طرحت عليها ثوبا .
فقالت فاطمة : ما أحسن هذا وأجمله ! إذا مت فغسليني أنت وعلي ، ولا يدخلن أحد علي .
فلما توفيت ، جاءت عائشة لتدخل ، فقالت أسماء : لا تدخلي ، فشكت إلى أبي بكر ، فجاء ، فوقف على الباب ، فكلم أسماء ، فقالت : هي أمرتني . قال : فاصنعي ما أمرتك ، ثم انصرف .
قال ابن عبد البر : هي أول من غطي نعشها في الإسلام على تلك الصفة .
- kitab Al Majmu' Imam Nawawy (5/233)
وكذا قاله صاحب الحاوي : يختار للمرأة إصلاح النعش كالقبة على السرير لما فيه من الصيانة وسماه صاحب البيان رحمه الله خيمة فقال : إن كانت امرأة اتخذ لها خيمة تسترها ، واستدلوا له بقصة جنازة زينب أم المؤمنين رضي الله عنها قيل : وهي أول من حمل على هذا النعش من المسلمات ، وقد روى البيهقي رحمه الله أن فاطمة بنت رسول الله صلى الله عليه وسلم ورضي الله عنها أوصت أن يتخذ لها ذلك ففعلوه ، فإن صح هذا فهي قبل زينب بسنين كثيرة ( وأما ) ما حكاه البندنيجي أن أول ما اتخذ ذلك في جنازة زينب بنت رسول الله صلى الله عليه وسلم وأن رسول الله صلى الله عليه وسلم أمر بذلك فباطل غير معروف نبهت عليه ; لئلا يغتر به

siti fathimah juga brwasiat agar dimakamkan saat malam hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar